On Saturday 09 May 2009 21:51:57 Alex Budiyanto wrote:

> Maksud saya adalah, program dengan lisensi GNU/GPL bisa "masuk"
> (kompatibel) di OpenSolaris, tapi lisensi CDDL tidak bisa "masuk" (tidak
> kompatibel) di GNU/Linux.
> Sebagai contoh, banyak aplikasi GNU/GPL yang ada di OpenSolaris, tapi
> teknologi di OpenSolaris (yang berlisensi CDDL) tidak bisa "masuk" ke
> GNU/Linux, seperti: ZFS, DTrace dsb.

saya cuma bertanya-tanya *plurk banget* lex soal pernyataan "CDDL kompatibel
terhadap GPL, tapi tidak sebaliknya" pada email sebelumnya. setahu saya CDDL
itu _tidak_ kompatibel terhadap GNU GPL.

kalo yang dimaksud seperti jawaban pada email ini berarti soal perangkat lunak
di sistem GNU/Linux yang GPL, misal GNOME dapat digunakan di OpenSolaris yang
berlisensi CDDL. dalam hal ini kita bicara _paket_ bukan _kode_.

jadi, ini relatif bukan permasalahan kompatibilitas lisensi CDDL vs GPL.

setahu saya, kalo ada paket-paket berisi program dengan lisensi berbeda itu
tidak membutuhkan kompatibilitas lisensi satu sama lain ketika dipasang dalam
satu sistem, jika tidak ada percampuran kode.

soal ZFS dan DTrace yang berlisensi CDDL dan tidak bisa diterapkan di kernel
Linux itu soal _kode_. nah kalo ini berhubungan dengan kompatibilitas lisensi
CDDL vs GPL.

kemudian muncul pertanyaan sebaliknya soal kode ini: bisa tidak misal kode
kernel Linux (GPL) diterapkan langsung di kernel OpenSolaris (CDDL)?

--
Do one thing and do it well.

        - Andrew Grover, ACPI maintainer on Linux-power.