Mungkin ini bukan kasus baru, jadi mohon maaf klo udah ada yg tau. Cuman kmaren iseng2 pengen ngilangin icon2 desktop gede2 yg mengganggu di Linpus yg ada di Acer Aspire One. Karena desktop manager yg di pake XFCE, iseng2 coba oprek. Semakin di oprek semakin aneh. Ga usah ane sebutin detil karena terlalu teknis. Intinya ane penasaran coba cari2 di google source dari XFCE yg udah dimodifikasi oleh Linpus dan ketemu 1 file xfdesktop-acer-lp-1526.no_spot.mcs_patched.src.rpm yang setelah di ekstrak rupanya bukan file source melainkan binary. Penasaran googling lebih jauh lagi nemu di salah satu link di web XFCE http://blog.xfce.org/2008/08/i-paid-for-xfce/ & http://wiki.xfce.org/aceraspireone developer XFCE sendiri mempertanyakan file source untuk modifikasi terhadap file GPL yang mereka buat kepada Linpus, dan modifikasi yg dilakukan bukan skedar file yg ane sebutkan melainkan masih banyak file lagi.

Bukan sekedar tidak menyediakan link source hasil modifikasi dari XFCE yg notabene GPL, Linpus malah memberikan file source "PALSU".

Klo ane orang awam melihat ini sebagai pelanggaran GPL. Mohon masukan yg lebih ngerti soal beginian. Klo memang iya, apa yang bisa dilakukan terhadap pelanggaran seperti ini.

--
A. Hardiena
www.ahardiena.web.id