2010/7/15 Donny Kurnia <donnykur...@gmail.com>:

> Wah, mas Resza ga kenal yang namanya lisensi ya?

iyah saya kurang kenal :), abis si licensi belom kenalan sama saya :)

> Foto pun bisa berlisensi, yang sering digunakan adalah CC (Common
> Creative). Ada beberapa tingkatannya.
>
> Di Luar Negeri, ada beberapa kasus foto diambil dari situs foto seperti
> Flickr lalu digunakan untuk kepentingan komersil seperti iklan, pemilik
> foto bisa menuntut ke pengadilan dan menang.

Syukurlah, tapi kalo yang ambil dari negara sebelah apa masuk
arbitrase internasional?

> Di Indonesia sendiri juga pernah ada kasus resep masakan diambil secara
> utuh dari sebuah blog pribadi lalu dicetak sebagai buku masakan. Pemilik
> blog pun menuntut penulis buku dan penerbitnya untuk meminta maaf dan
> menarik buku masakan tersebut.

yah untungnya penerbitnya di indonesia juga.

> Memang masih banyak orang bodoh yang bisa mengeluarkan komentar: "Kalo
> sesuatu tidak mau d sharing jangan taro d ruang publik yang naro yang
> salah, bukan yang ngunduh". Saat kasus pembajakan resep di atas juga
> pihak penerbit awalnya mengeluarkan statement yang sama.
>
> Inilah potret negeri ini, negeri dimana perampok merasa tidak bersalah
> atas tindakannya.

yah begitulah. Tapi point saya gini ada salah secara hukum, etis(kalo
ada orang yang ga ikhlas/redho). Tapi saya mo ingatkan secara defacto
internet sejak jaman DARPA dimaksudkan sebagai tempat berbagi. Buat
saya value defaco ini lebih kuat dari hukum formal yang bahkan bisa
berbeda di berbagai negara.

nah saya pikir yang paling relevan tinggal balik lagi ke masing2
pengguna untuk secara etis menghormati keinginan tiap pengunggah, tapi
urusan etis di kembalikan ke masing2 individu.

Btw: kalo yang ngunduh salah maka kasus "mirip artis" banyak banged
tersangkanya termasuk Hotman Paris .. :-P, tapi toh hanya pengungah
saja yang dijadikan tersangka oleh polisi meskipun undang2 jelas2 juga
menjerat pengunduh. Yah itulah karena sebenarnya hukum tertinggal jauh
dengan laju teknologi yang pasti bagi setiap pengguna teknologi harus
paham resiko dan manfaat dari yang mau dia pakai

Tabik.

Best Regards

Resza Ciptadi