2010/12/5 adi <a...@postpi.com>:

> [...]
> saja. sungguh tidak masuk akal. bargaining linux itu ada kalau
> pengguna banyak. itu sudah.
>
> ok, kenapa linux? karena memungkinkan platform yang terbuka untuk
> semua bisa terlibat di dalamnya. termasuk microsoft dll. kalau
> mau. dan sayangnya tidak sebaliknya.
>
> kompleksitas akan berubah menjadi mudah kalau semakin hari
> semakin banyak orang menggunakan linux. mari menjadi pengguna
> linux yang fanatik. ya, menjadi pengguna saja. nggak susah
> kan :-) kita sudah merasakan kesulitan di awal-awal era flash dan
> skype. jumlah pengguna adalah faktor penentu utama.

Mas Adi saya rasa pengguna linux tidak dapat disebut minoritas.
Hebatnya lagi yang paling berjasa dalam memperluas pengguna Linux ini
bukan kita para aktivis atau KPLI, tapi para perusahaan sebut saja
D-Link, Tp-Link, bufallo dan lain sebagainya kemarin saya baru dapet
Voip2gsm isinya linux juga, oh ya dan tentu saja jagoan google
android. So guys menurut saya it's not about distro, it's about linux
kernel as operating system, it's about C programming technics, it's
about design pattern, it's about the great gnu C Compiler dan tentu
saja bukan tentang desktop/PC. Dunia komputer tidak sempit hanya di
desktop. Era desktop mulai pelan2 bergeser karena sekarang computing
power yang dulu hanya mampu di jalankan di komputer berukuran
menghabiskan tempat di meja sekarang dapat anda genggam. Kalo dulu Mr.
Gates mendapat gain dari revolusi dari komputer mini/mainframe ke
ukuran desktop dengan IBM PC dan karenanya terpatri d sebagian
pengguna desktop/PC bahwa yang namanya komputer yah itu(window$).
Maka kita mengalami revolusi dari desktop k mobile, embedded, dan
perangkat lain nya yang bahkan anda tidak pernah ngeh bahwa itu Linux.
Jadi cara paling tepat untuk memastarakatkan linux adalah menjadi
pengembang di android, arm family, mips family, dan semacamnya deploy
jual tanpa harus menyebut linux sebut fungsinya dan selamat anda sudah
menambah pengguna linux kalo dia router model d-link tergantung
banyaknya port bahkan.

> Salam,
>
> P.Y. Adi Prasaja

Best Regards