Jadi apa saja yang kira2 menjadi kegiatan aktivis Linux sehari2? (Yang mana
barangkali dengan melakukan minimal salah satu dari itu maka bisa klaim dirinya
sendiri sebagai seorang aktivis) Dari beragam isi surel di milis ini belakangan
ini saya melihat:

- kegiatan untuk diri sendiri
  o mencermati apa yang masih harus diperbaiki di Linux dan melaporkannya ke
pengembang
  o menggunakan Linux sehari2, (termasuk di dalamnya, misalnya menggunakan
desktop Windows tapi mengadmini sistem Linux)
  o membuka mata perkembangan pesaing dan mengadopsi kebaikan2 yang ada di
dalamnya
- kegiatan untuk masyarakat
  o peran aktif di KPLI
  o peran aktif di milis
- kegiatan untuk pemerintah
  nah ini yang saya mau tahu pendapat rekan2, bagaimana cara melakukan
pendekatan yang terbaik? Via partai? Via rekan2 di departemen?

Hal2 yang ingin saya bawa ke pemerintah misalnya:
- melarang penjualan perangkat keras yang tidak memiliki penggerak/driver di
Linux
- melarang tender menggunakan solusi proprietaria, atau minimal mewajibkan
membuka protokol dan komposisi data, dan teknologi non-paten
- meningkatkan sdm ahli perangkat lunak bebas/terbuka di berbagai lini termasuk
militer
- mendanai beragam proyek terkait