From: "danu kusmana" <[EMAIL PROTECTED]>

> microcontroller banyak jenis dan tipenya ..
> nah ini yg jenisnya apa ? ...

Philips 87C552

==============

yang pernah saya pakai microcontroller jenis MCS-51 keluaran
Atmel dengan tipe AT89C51.

saya pikir sich caranya sama saja.
Jadi pertama pelajari bahasa pemrograman yg di perlukan,
kalau utk MCS-51 dengan menggunakan ASM51.

Kemudian cari rangkaian untuk flash si Microcontroller tsb.
Bisa dengan menggunakan alat jadi yg bernama Universal Writer
atau Universal EPROM writer ? .. lupa dhe .. udah lama banget.

Kalau utk yg microcontroller AT89C51 saya ambil rangkaian writernya
dari www.atmel.com terus rangkai sendiri, rangkaian ini menggunakan
interface paralel port. Kemudian di sisi PC, saya tinggal bikin program
menggunakan ASM51 kemudian di compile ke binary dan di transfer
dengan menggunakan software yg di download dari Atmel juga ke IC
Atmel tsb. Dan di test hasilnya benar atau tidak, utk awalnya saya
bikin rangkaian sederhana yg fungsinya hanya utk menyalakan Led
di Pin ke sekian sekian ...

silahkan mencoba ...

salam sejahtera,
bhe