On Monday 02 December 2002 03:54 pm, you wrote:
> Bukankah seharusnya :
> postgres$ /usr/local/pgsql/bin/postmaster -D
> /usr/local/pgsql/data -i &
>
> Sedangkan :
> postgres$ /usr/local/pgsql/bin/initdb -D
> /usr/local/pgsql/data
> hanya dijalankan sekali saja layaknya kalo di mysql #
> mysql_install_db ??
>
> Untuk dipasang di rc.local ...nah itu dia aku juga pengen
> tahu, soalnya khan kudu di user selain root (postgres)
> khan ?

Tapi khan sama saja kalau aku mau njalanin postgres aku ngetik :

postgres$ /usr/local/pgsql/bin/postmaster -D /usr/local/pgsql/data -i &

sebelum njalanin postgres ..... ada nggak direktori profile untuk tiap user
misalnya jika login kita postgres untuk startupnya kita njalanin
......service postgres tapi untuk user root kita mjalanin service service
yang lain

TIA