Pada 15-Feb-2004, aakanjas menulis:

> di manual math-nya khan ada fungsi untuk log basis 10 tau
> log dengan log(double) ... kalau nggak salah .. agak lupa,
> begitu juga dengan exp
>
> yach kalau begitu untuk Ln harus belajar lagi nuruninnya
> ya...

Gampang kok.
Nah,
misalkan fungsi C untuk menghitung log basis 10 adalah log10
dan
misalkan konstanta exponensial dalam C adalah exp

Maka dari salah satu sifat logaritma, anda dapat menghitung ln sbb:
ln(x)=log10(x)/log10(exp)

sifat logaritma yg saya maksud adalah:
loga(b) = logc(b)/logc(a)

kalau gak percaya, silakan diujicoba dengan menggunakan kalkulator

Hehehe ini kalau saya gak lupa ya :) .. Kalau salah, kasih tau ya,
nanti saya cariin di buku :)