On Mon, 23 Feb 2004, -= avudz syah putra =- wrote:

> maaf, OOT, ada gk ya orang iseng yang menulis sedikit ilmu nya tentang sms
> gw, saya punya kasus.. ingin membuat sistem informasi mhs melalui sms,
> contoh simple nya, stiap mhs yang ingin mengetahui indek prestasi nya
> cukup menulis kan <IP> <NIM> ke nomor saya, dan secara automatis akan di
> cek oleh sisystem dan di teruskan ke nomer MHS ybs, via pulsa di simcard
> saya :).

beberapa saat yang lalu,
saya sempat membuat aplikasi untuk keperluan tersebut.
(membuat dalam artian building from scratch).

saya susun sendiri PDU nya dengan format yang diajarkan dari site:
http://www.dreamfabric.com/sms/

saya sempat mengimplements dalam bahasa Java dan C.

> tolong manual nya pls, URGENT.
> btw, untuk sperti itu, requirement nya apa aja?

requirementnya sederhana banget:
- handphone + kabel data (yg menghubungkan ke komputer).
- komputer :)

handphonenya akan digunakan sebagai sms (GSM) modem.

kabel datanya bisa terhubung ke serial maupun usb,
apapun asal anda bisa mengakses interface di komputer tersebut.

intinya programmingnya sih sederhana,
setelah interface handphone (kabel data/infra red) sudah dapat diakses
oleh program (misalnya di linux menggunakan /dev/ttyS0, atau
/dev/ttyUSB0).
akses aja interfacenya dengan kita berikan command-command (dalam hal
ini AT Command yang sesuai tipe handphonenya (atau secara general
AT Command nya ATSI). misalnya untuk siemens,
ada list AT Command kayak di URL
http://www.my-siemens.com/com.aperto/MySiemens/Files/Addon/tt/hq/mw/hd/hd/s45_me45_step2atcommandset.pdf)

beres udah :)

btw, pas kapan itu pernah maen-maen ke mangga2mall,
trus dapet GSM/GPRS Modem, mereknya itegno,
bentuknya kecil, sederhana, dan hebatnya..
dicolokin linux, langsung dimapping ke /dev/ttyUSB0 :)

semoga membantu..

linux abiz,
./oon

note: kalo merasa masih kurang ngoprek, bisa nambahin fitur,
      trus bisa jadi kayak gnokii atau kannel.
      tapi yang paling seru adalah bagian buat sendirinya :))