On Thursday 22 September 2005 08:24 am, Donny Kurnia wrote:
> [...]

Secara praktis TIDAK ADA!!!
Langkah2 untuk belajar bahasa C di Linux:

- Belajar dulu bahasa C dasar (tidak terikat apakah di Linux atau OS manapun)
pastikan bahwa yang anda pelajari adalah murni dasar2 C!! ini bisa didapat
dengan cepat dari banyak buku2 dari dalam ato luar negeri, ato bahkan banyak
di Internet... saran saya coba cari di Internet yang dalam bentuk tutorial
singkat memulai C, lalu coba langsung dipraktekkan dan mulai belajar
sendiri... saya rasa kalo udah ada background pemrograman, hal ini bisa
dipelajari dalam beberapa jam, ato bahkan menit...

- Kedua, pelajari library2 standard yang ada pada C, singkatnya belajar
mengenali dan mempraktekkan function2 yang disediakan... pelajari isi dari
stdio.h, string.h, mem.h, dsb... peringatan saya, ada beberapa yang bukan
standard!! seperti conio.h!! kesalahan ini banyak dilakukan oleh pemula...
kalo pengen lengkap, praktis, coba cari referensi, ato manual book libc punya
Linux... disitu dijamin lengkap deh...

- Ketiga... coba belajar ke C++ ... pelajari aspek2 penting OOP, yaitu mencoba
mendesain dan berpikir secara berorientasi object... nah... ini agak sedikit
susah... soalnya biasanya kita udah terbiasa model modular... tapi dicoba
aja... kalo pindah bahasanya C -> C++ bisa dipelajari mudah pake buku2 yang
ada dari dalam maupun dari luar negeri... ato bisa juga pake tutorial2
singkat di Internet...

- Keempat, kalo udah menguasai C dan C++ secara bahasa... nah saatnya pindah
ke Advanced... coba pelajari hal2 aneh atau yang tidak lazim dilakukan oleh
programmer... seperti mencoba untuk loading library secara dynamic,
mempelajari proses dynamic linking, ato mempelajari implementasi virtual
table pada object2 di C++...

- Nah... yang terakhir adalah meng-extend kemampuan saudara untuk dapat
menggunakan object2 / library2 yang reusable dari orang2 lain... seperti
menggunakan X Windows library, OpenSSL library, dsb...

Kalo semua udah terpenuhi... sekarang tinggal saudara yang menentukan mau buat
apa aja... pasti bisa semua... (semoga) ;P

Sedikit hint, kalau mau coba belajar C++, sebaiknya jangan menggunakan semacam
Qt, ato saat belajar C jangan menggunakan semacam GTK.. karena akan rancu dan
gak karu2an pikiran anda... karena itu berarti anda tidak mempelajari C/C++
murni, melainkan belajar menggunakan library2 yang sudah ada... silahkan
pelajari apabila anda sudah mencapai tingkat terakhir...

Good Luck...

> Yup, Anda cari aja di toko buku, bukunya cukup tipis kok, tapi
> menjelaskan semua aspek bahasa C.

Aduuh... kenapa ya, kebanyakan koq suka sama buku yang tipis2... lagian buku2
di Indonesia juga nggak banyak juga yang tebal... padahal buku tipis pertanda
nggak lengkap...

Bandingin aja dengan buku luar, rata2 sekitar 500 halaman... itu baru buku
bagus... buku tipis2 kebanyakan nggak ada isinya...

mungkin juga banyak dari kita yang masih bermimpi bisa belajar dengan cepat
langsung bisa yah?? mana ada belajar semenit udah bisa menguasai banyak hal??

Danny Kurniawan