Hari Hendaryanto wrote:
Wirasto Karim wrote:
Maaf nanya dikit soal sql query.

Saya memiliki sebuah tabel anggota dalam database PostgreSQL dengan
isi kurang lebih sebagai berikut

id   nama   kelas
1    Andi       1a
2    Budy      1b
4    Nina       2c
9    Doni       1c

Karena kolom id bertype serial, tentu angka tidak akan berurut lagi
kalau ada penghapusan ditengah. Sedang saya ingin tau Anggota yang
bernama "Nina" ada pada baris berapa dalam tabel. Kalau mengambil dari
id tentu akan salah karena id bernilai 4 sedangkan "Nina" ada pada
baris ke 3.

Mohon pencerahannya..
Sebelumya terima kasih

mungkin bisa seperti ini pak, bikin derived table dengan dummy row number( RowNumber)

SELECT RowNumber FROM (SELECT @row := @row + 1 AS `RowNumber`, table.* FROM table, (SELECT @row := 0) `tmpTable`) AS tmpTable WHERE nama="Nina";

cmiiw

PT.CITRA SARI MAKMUR
SATELLITE & TERRESTRIAL NETWORK

Connecting the distance - anytime, anywhere, any content
http://www.csmcom.com

Masih atas balasannya....

Btw, Anda menggunakan database jenis apa ? Saya mencoba menjalankannya di postgresql tapi tidak bisa

ERROR:  syntax error at or near ":"
LINE 1: SELECT RowNumber FROM (SELECT @row := @row + 1 AS `RowNumber...