ada cara yang dikasih tahu ama Satriani: lu maenin senar 6 ( E ) trus lu maenin berbagai macam mode dalam E sebagai rootnya tentunya..gitu aja..kalo udah hapal dikit karakter-karakter masing-masing modes itu trus lakukan hal yang sama tapi sekarang lakukan improvisasi pake tuh modes tersebut..lama lama lu bisa nentuin hehe..gw ngak tau yah apa ini berhasil untuk semua orang tapi setidaknya itu cukup berhasil bagi gw..

oh iya..untuk temen-temen yang belon tau..( abis banyakan udah pada jago sih ) maen scale itu gak baku kok..contoh..misal ada chord progression G Em Am D kalian gak harus mulai maenin melodi dari G ionian tapi gw justru make B phrygian ( nih scale menurut gw cocok banget buat dipaduin ama japanese scale,bener gak yah? )dilanjutin pake E Aeolian dan kemudian ke D myxolydian...

begitu jg dengan arpeggio..gak perlu harus maen di kord itu aja tapi bisa gunain arpeggio triad laen asal arpeggio tersebut punya nada-nada yang jg terdapat pada scale yang kalian pake...teori dasarnya udah Syahril terangin tuh..cuman hati -hati..triad yang terakhir ( ke 7 ) dalam scale major bukan triad biasa tapi diminished....dan kalo ditambah 7th jadi half diminished 7th..
itu aja input dariku..( kalo ada salah sori yah.. aku masih pemula )

oh iya, pengen nanya donk..kalo kalian pelajarin lagu yang ada 2 gitar melodi maen harmonisasi kayak cacophony gitu.. kalian gimana pelajarinnya? soalnya aku suka bingung..mao pelajarin bagian melodi yang mana..apa keduanya kalian pelajari? yang mana dulu nih? thx U