Dear Buddies Gitaris.com

Buat temen2 aku mau nambahin aja sedikit informasi tentang NPWP, jadi
jangan khawatir atau takut silahkan baca ya :

NPWP adalah suatu sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan
sebagai tanda pengenal diri atau identitas WP, oleh karena itu kepada
setiap WP hanya diberikan satu NPWP. Selain daripada itu, NPWP juga
dipergunakan untuk menjaga ketertiban dalam pembayaran pajak dan dalam
pengawasan administrasi perpajakan. Dalam hal berhubungan dengan dokumen
perpajakan, WP diwajibkan mencantumkan NPWP yang dimilikinya.
Surat penetapan NPWP secara jabatan atau surat pengantar pemberitahuan
NPWP itu seiring dengan target DJP menjaring 10 juta NPWP pada 20
Oktober 2005. Pemberiannya dilakukan sejak 1 September 2005.
Hal ini tertuang dalam siaran pers DJP pada 25 Agustus 2005. Disebutkan,
berdasarkan informasi dari Pusat Data Pajak dan sistem komputerisasi
pajak, DJP akan memberikan NPWP secara jabatan.
Ada 6 sasaran, yakni:
1. Pemilik tanah dan bangunan mewah
2. Pemilik mobil mewah
3. Pemilik kapal pesiar atau yacht
4. Pemegang saham, baik di dalam negeri maupun di luar negeri
5. Orang asing
6. Pegawai tetap yang berpenghasilan di atas penghasilan tidak kena
pajak
(PTKP) dan lain-lain, yang belum ber-NPWP
Direreferensikan dibacanya UU 16/2000 tentang Perubahan Kedua atas UU
6/1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP). Kemudian
UU 17/2000 tentang Pajak Penghasilan (PPh).
Dalam siaran pers DJP pada 25 Agustus 2005, apabila pemberian NPWP
dilakukan secara serentak, maka dalam waktu singkat akan terdapat banyak
wajib pajak (WP) baru yang belum atau bahkan tidak mengetahui tentang
hak dan kewajiban-kewajiban yang harus dilakukannya selaku WP (setelah
memperoleh NPWP).
Pemungutan pajak di Indonesia menggunakan sistem self assessment. Oleh
karena itu WP harus memahami hak dan kewajiban perpajakannya agar dapat
menjalankan kewajiban perpajakannya dengan baik.
Hal ini agar WP terhindar dari masalah-masalah yang mungkin timbul
dikemudian hari yang mungkin merugikan.

Kesimpulan :
1. Bro jangan perlu takut atau khawatir , kalo penghasilan  kita masih
dari satu perusahaan , alias pajak udah dipotong perusahaan tsb. Maka
kita gak perlu  bayar pajak lagi diakhir tahun : NIHIL aja! Apalagi kalo
maih ada yang dibawah Penghasilan Tidak Kena Pajak.

2. Kalo masih pengen tahu  boleh japri aja email ke aku... Ada temen2 di
mailist ini yang bisa bantu juga.

3. Jangan kita dibikin pusing ama hal ginian so....

Still Rock on Dudes!!
Dikdik