Namo Buddhaya,

Beberapa waktu yang lalu saya ditanya oleh teman saya
Mr. "S.K." mengapa sewaktu dia memberi salam Buddhis
yakni dengan beranjali (Kedua tangan dikatup
di depan dada) sambil mengucap: "Namo Buddhaya", tapi
tidak dibalas oleh Bhikkhu di salah satu Vihara
Theravada? (Teman saya ini sempat kesal juga).

Padahal waktu beliau ke Vihara Mahayana, memberi salam
"Namo Omitofou" langsung dibalas dengan anjali oleh
Bhiksu tersebut.

Saya tidak dapat mejawab teman saya ini karena saya
memang tidak tahu.
Padahal hal yang sama saya alami pada pertama kali
saya memberi salam kepada Bhikkhu Theravada, dan saya
tidak merasa perlu bertanya karena salam saya
tidak dibalas (walau penasaran, tapi diam saja).

Karena teman saya terus mendesak, maka saya bertanya
pada Bhikkhu Sudhammacaro,
dan menurut beliau adalah sbb:
Hal ini merupakan tradisi dari Thailand dan Myanmar,
tapi tidak tertulis dalam Vinaya Pitaka. Bahwa Para
Bhikkhu menjalankan 225 sila (atau 227? maaf Sutedja
lupa) sedangkan Umat hanya menjalankan 5-10 sila, jadi
merupakan suatu berkah bagi Umat dapat memberi hormat
atau salam pada para Bhikkhu. Dan Bhikkhu
tidak perlu membalas salam tersebut.

Bagi tradisi lain, hal ini tidak ada, misalnya Dalai
Lama, beliau memberi salam kepada siapa saja bahkan
sampai membungkuk-bungkuk (sambil beranjali)
kepada siapa saja yang memberi salam baik Umat Buddha
yang menjalankan sila maupun yang Non-Buddhis yang
mungkin tidak menjalankan sila.

Demikian jawaban dari Bhante.

Saya sedikit penasaran, begitu sampai di rumah, saya
bongkar semua buku Dhamma saya yang memuat Foto Dalai
Lama dan terlihat hampir semua foto menunjukkan sikap
beliau dengan tangan anjali kepada umatnya.

Bermanfaat atau tidak tulisan ini terserah para
pembaca, tapi mudah-mudahan dapat menjawab pertanyaan
para Umat yang selama ini mungkin tidak mudah untuk
mendapatkan jawaban yang pasti bila bertanya langsung
kepada seorang Bhikkhu (Atau memang tidak berani
bertanya).

Mudah-mudahan jawaban Bhante Sudhamacaro dapat
menghilangkan prasangka Umat dan salah paham karena
salam nya tidak dibalas.

Mettacitena,
Sutedja Tjandra

http://mail.yahoo.com

Great things are happening at Yahoo! Groups.  See the new email design.
http://us.click.yahoo.com/iDk17A/hOaOAA/i1hLAA/b0VolB/TM