Bagaimana keadaan sampah di dunia saat ini?
Apa saja dampak dari keadaan itu?
Siapakah yang bertanggung jawab?

Pada hari minggu tanggal 17 september 2006, saya mengikuti kegiatan
Clean Up The World yang diadakan di istora senayan. Kegiatan-nya
dimulai sangat pagi sekali. Para peserta disuruh berkumpul pada pukul
05.30 pagi di bunderan stadion senayan. Oleh karena itu saya dan
beberapa teman yang tinggal berdekatan bertemu pada pukul 04.30 untuk
berangkat bersama-sama.

Sungguh pagi sekali sehingga membuat saya cukup kesulitan bangun tidur
(biasa bangun pukul 08.00), dengan sedikit memaksakan diri saya
akhirnya dapat bangun juga. Saya bersama dengan beberapa teman dari
Dharmajala berangkat bersama dengan menggunakan taksi menuju istora
senayan. Ternyata setelah sampai pada pukul 05.30 masih sangat sepi
sekali, hanya terlihat beberapa orang sedang mempersiapkan panggung.

Kamipun menunggu kehadiran para peserta serta panitia lainnya. Kamipun
menyempatkan diri untuk berjalan-jalan santai mengelilingi stadion.
Setelah kurang lebih sejam barulah diadakan briefing oleh panitia,
sungguh budaya "Jam Karet" yang tidak baik. Masing-masing peserta yang
telah dibagikan karung plastik serta sarung tangan, dengan berseragam
kaos clean up yang cukup lucu beserta pin dan headband, kami berjalan
dalam kelompok-kelompok mengelilingi stadion sembari mengumpulkan
sampah-sampah yang ada.

Bersama-sama para peserta ditengah-tengah orang-orang yang sedang
berolahraga ataupun duduk-duduk santai, kami masing-masing
mengumpulkan berbagai sampah yang yang ada di setiap jengkal jalan itu
– plastik, bungkus permen, puntung rokok, bungkus makanan, dll –
hingga akhirnya jumlah sampah yang terkumpul cukup banyak sekitar 30
karung ukuran karung beras.

Di sela-sela kegiatan memungut sampah dan mengumpulkannya, ada
beberapa hal yang cukup berkesan, seperti ketika yang berolahraga
melihat kita mengumpulkan sampah yang mungkin mereka sendiri yang
membuangnya, ada beberapa dari mereka yang ikut membantu sebentar dan
mengucapkan terimakasih kepada kami, meskipun sebagian besar hanya
melihat-lihat saja, ntah apa yang ada di pikiran mereka? Merasa
bersalahkah mereka telah membuang sampah sembarangan? Atau mereka
berpikir baguslah ada yang mungutin sampah yang saya buang….,
BAGAIMANA DENGAN ANDA ???

Saya berharap kegiatan kepedulian akan lingkungan, dalam hal ini
peduli akan sampah dan kebersihan lingkungan perlu untuk dikembangkan
lebih luas. Hal ini sangatlah penting mengingat jumlah sampah yang
kian hari kian bertambah banyak yang menciptakan polusi serta
kerusakan berbagai sifat alami dan kesegaran lingkungan tempat tinggal
kita, rumah, kantor, jalanan, sungai, kali, kota ini, negara ini dan
Bumi ini. Apakah perlu suatu saat nanti ketika sampah sudah tidak
sanggup ditampung oleh Bumi ini, kemudian kita buang di luar angkasa
atau palanet lainnya? Coba pikirkanlah baik-baik, apa kita tidak
terlalu egois, MEMANFAATKAN ALAM INI UNTUK KEPENTINGAN HIDUP KITA,
TETAPI KITA TIDAK MENJAGA DAN MELESTARIKANNYA. Sepicik itukah diri
kita ???

Mudah-mudahan masing-masing dari kita dapat mulai memperhatikan
lingkungan sekitar kita – rumah, kantor, universitas, jalanan, tempat
ibadah, dll – mari bersama-sama kita peduli akan lingkungan kita, akan
kebersihannya, kesegarannya, kelestariannya, kesehatannya, sehingga
kondisi lingkungan dapat menjadi lebih baik serta anak cucu kita juga
dapat menerima warisan alam yang masih baik.

Salam penuh kasih,

Dayapala

** MABINDO - Forum Diskusi Masyarakat Buddhis Indonesia **

** Kunjungi juga website global Mabindo di http://www.mabindo.org **

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: