Mohon maaf, ingin ikut nimbrung, sebenarnya Sunat (Khitan) bukan berasal
dari ajaran Islam, tetapi telah ada sebelum ajaran Islam bahkan sebelum jauh
ajaran Nasrani sekalipun, referensinya dapat dilihat di Bible perjanjian
lama (sebelum ada perjanjian baru) apalagi bicara ajaran Islam.

Sunat (Khitan) mulai diadakan sejak zaman Abraham, yang alasanya pun juga
tidak jelas seperti layaknya penyembelihan seekor kambing sebagai ganti
kurban.
Diceritakan di Bible, bahwa Tuhan menyuruhnya Sunat diri (Khitan) agar
didapatkannya kekayaan duniawi (silakan lihat di Bible).

Sejak saat itu, Sunat (Khitan) telah menjadi kebiasaan (adat) daerah timur
tengah.  Sekali lagi ini bukan murni berasal dari ajaran Islam.
Sejak adanya perjanjian baru, soal Sunat (khitan) telah menjadi perdebatan
yang sangat besar, dimana Paulus sendiri menolak dengan mengatakan bahwa
orang yang melakukan Sunat (Khitan) seperti layaknya seekor anjing.

Mengenai soal Sunat (Khitan) sendiri mempunyai cerita yang lain khususnya
untuk saudara kita di Negara Afrika, dimana kaum wanita wajib di Sunat
(Khitan), sungguh menderita saudara kita yang wanita terlahir disana.
Sebenarnya sudah banyak yang menentang dari dunia tentang kejadian ini,
tetapi tidak bisa mengubah adat (kebiasaan) di Afrika.

Demikianlah info yang saya ketahui.

Semoga bermanfaat,
Salam Metta selalu,
Akwang

>   Saya agak heran dengan ajaran Islam soal sunat (khitan).
> Walau dewasa ini, bukan hanya umat islam yang melakukan sunat, tapi jelas
> sunatan itu berasal dari ajaran Islam.
> Dalam ajaran Islam yang demikian mengagung-agungkan kebesaran tuhan,
> kenapa pula islam 'merevisi' hasil kerja tuhan dengan khitan?
> Secara tidak langsung, bukankah sunat itu sama dengan melangkahi apa yang
> sudah diberikan tuhan, yang pada sisi lain sering dikatakan bahwa apapun
> yang diberikan tuhan harus disyukuri.

** MABINDO - Forum Diskusi Masyarakat Buddhis Indonesia **

** Kunjungi juga website global Mabindo di http://www.mabindo.org **

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: