Seolah Ngumpet Di Tempat Terang

Pak haji Mukri, begitulah kira-kira kami memanggilnya. Setiap
maghrib dialah yang paling duluan hadir dan baru ba'da isya untuk
beranjak pulang. Biasanya setiap minggu tiga kali ba'da maghrib
dimasjid kami ada pengajian. Senin, selasa dan jumat malam. Haji
Mukri senantiasa mengikuti pengajian dan mendengarkan dengan
seksama. Jika waktu sesi tanya jawab disaat sang ustadz
mempersilahkan haji mukri bertanya selalu dijawabnya dengan senyuman.

Rupanya ada kawan yang memperhatikan semua aktifitas haji mukri,
katanya "mas agus, haji mukri itu rajin ya ke masjid dan kalo saya
perhatikan dia juga rajin mengikuti pengajian. Saya malah berfikir
haji mukri ini ahli ibadah yang sebenarnya patut membimbing kita,
bagaimana kalo kita minta saja dia mengisi kultum atau pengajian
malam buat orang-orang muda seperti kita." Mendengar itu saya pun
menganguknya.

Lantas beberapa malam kemudian saya dan kawan itu baru sempat
bertemu haji mukri dan menyampaikan keinginan kami untuk mengajar
dan memimbing kami. Mendengar permintaan kami haji mukri hanya
tersenyum dan tidak berkata apapun seolah ngumpet ditempat terang.
Menjawab iya juga tidak, menjawab nggak juga tidak. "Terus gimana
haji mukri? Jawab dong iya apa tidak, biar kita tidak terus menunggu
nih."teriak kawan saya agak jengkel.

Wassalam,
agussyafii
http://agussyafii.blogspot.com

Quotes :
" Spirituality is essentially a journey within. You need no preparations, no
luggage to carry - nothing absolutely. What you need is just : LOVE ! And this
Love, can only come as an after effect of self-actualization, achieved though
the practice of meditative way of life."