Sahabat, Saya mohon maaf....

  Nenek saya sering mengatakan bahwa, teman yang baik adalah teman yang tetap
membela dan membantu sahabatnya dalam keadaan susah, sulit dan kritis. Dan
tentu banyak juga ujaran-ujaran baik tentang hal ini.

  Dalam hal ini tentu banyak sekali praktek dari ujaran itu yang bisa kita
amati dalam kehidupan ini, terutama sekali dalam membantu sahabat kita dalam
menyalurkan hibah, donasi atau dana sebagai bagian dari derma yang dia ingin
lakukan, katakan misalnya untuk berbagi hasil korupsi atau penipuan yang dia
lakukan, tentu dengan segala senang hati kita, mungkin tepatnya saya akan
membuka kantong lebar-lebar, tanda terima atau kwitansi akan saya siapkan
segepok dan boleh milih, pesan mau model apa dan pakai materai tentu juga
boleh.

  Yaa, apa anda berminat ikut membantu saya? Boleh daftar dan kirim email.
Kalau ada lungsuran duit seperti itu nanti pasti anda akan kecipratan.

  Anda tentu mengira bahwa Siao Jin sudah benar-benar gila, dan memang, ada
kalanya lebih baik menjadi orang gila yang tidak tahu dan tidak sadar akan apa
yang terjadi disekelilingnya, dari pada menjadi orang yang sadar tanpa bisa
berbuat apa-apa. Tapi apakah kita tidak bisa berbuat?

  Tentu anda akan bisa menjawab dengan baik bahwa, tentu ada. Pasti ada, pasti
ada yang bisa dilakukan, entah itu anda sebagai manusia yang beriman, bertakwa
kepada agama yang anda tekuni atau kepada ajaran spiritual yang anda jalani.

  Sebagai manusia tentu kita tidak lepas dari persahabatan dan seringkali kita
mesti memberikan banyak peringatan dan saran, walaupun tentu ada kewajiban kita
untuk bisa memahami latar belakang dari jalan yang dipilih sahabat kita itu dan
sukur kalau kita benar-benar bisa memahami dan mengetahui dengan baik, karena
bisa jadi, sahabat kita itu tidaklah sepenuhnya salah, bukan pula korupsi dan
juga manipulasi.

  Jika jelas sahabat kita melanggar hukum yang menyebabkan kerugian banyak
orang, tentu kita wajib menentangnya, namun kalau masih dalam koridor yang
sesungguhnya bisa diinterpretasikan berbeda serta prateknya sesungguhnya tidak
menyimpang alias telah menjadi suatu konvensi yang tidak sepenuhnya salah,
mungkin ada baiknya kita memberikan salah untuk memberikan peninjauan kembali
atas hukuman yang ingin dijatuhkan kepadanya, kalaupun tidak, akan lebih baik
kalau kita berdiam diri saja, karena kadang diam itu bisa berarti kita tidak
mau menambah kerusakan yang telah ada, walaupun bisa jadi kita setuju, atau
juga tidak setuju... tergantung sekali.

  Siao Lie, si pisau terbang atau Lie Sin Hong, adalah orang yang sangat
memahami sahabatnya dan pacar - kalau tidak salah istri atau calon istrinya,
diserahkan ke sahabat dekatnya yang mengklaim diri menyelamatkan dia, walaupun
si Lie tahu bahwa sahabatnya ini sesungguhnya adalah orang paling licik yang
merusak jalan hidupnya, tap toh dia dengan ikhlas mau memberikan jalan hidup
kepada sahabatnya itu. Sahabat seperti ini jarang ada dan mungkin saya pun
tidak akan sanggup untuk melakukan hal yang serupa dengan yang dilakukannya.
Tapi, paling tidak, si pisau terbang Lie itu memberikan inspirasi akan seorang
ksatria yang sungguh sangat setia kawan.

  Nah, semoga anda bisa merenungkan dan lalu memilih sikap anda sebagai seorang
sahabat, karena itu akan menentukan kualitas anda sebagai manusia.

  Dalam beberapa kali, ada beberapa sahabat yang mengontak saya di yahoo
messanger dan saya tidak menjawab pertanyaan-pertanyaan semacam saya di mana
dan seterusnya semata-mata karena waktu saya terbatas antara kerja dan menulis,
serta keluarga dan aktivitas lainnya, dan bukan juga saya tidak setia kawan,
informasi itu akan bisa anda peroleh di profile saya di friendster dan silahkan
di lihat di sana. Harapan saya anda bisa memanfaatkan waktu kita bersama
sebagai sahabat untuk obrolan yang lebih manfaat bagi anda, juga bagi saya
tentunya, kalau ada waktu tentu kita bisa ngobrol dengan enak dan kalau anda
email ke japri sesudah membaca profile saya di friendster, tentu anda akan bisa
memperoleh jawaban dari saya. Email akan memberikan waktu bagi kita
masing-masing untuk menjawab kapan kita sempat dan tentu anda tidak akan
tersinggung karenanya. Oh ya, tentang nama asli saya, itu juga akan saya taruh
di friendster itu, tidak lama lagi karena buku yang sedang saya garap dari
 tulisan-tulisan lepas saya nantinya akan menggunakan nama asli saya.

  Jadi, untuk sahabat yang kecewa karena tidak saya temani ngobrol di Yahoo
messanger, saya mohon maaf.

  salam

  060307
  siao jin wan

Diskusi dan pertanyaan mohon di kirim ke japri;[EMAIL PROTECTED]
Bagi pengguna Skype, bisa menghubungi saya dengan ID: siao.jin.wan
http://www.friendster.com/siaojinwan

Don't pick lemons.
See all the new 2007 cars at Yahoo! Autos.

Kirim email ke