Friends,

Berikut tanya jawab JARAK JAUH (lewat email) antara seorang rekan wanita (Mbak
X) dan saya (Leo). Kami belum pernah berjumpa secara langsung sampai saat ini.
She lives in another city, while I live in Jakarta...

Tanya jawab seperti ini bisa juga dilakukan melalui SMS seperti di acara
"Solusi" di Radio Pop FM 103, Jakarta, tiap hari Rabu/Jumat malam, pukul
22:00-24:00 WIB, yg juga di-relay oleh 80 radio stations lainnya di seluruh
Indonesia. Pemandu acaranya namanya Ferre Fariza yg aku panggil Fariz. Di acara
itu, Fariz akan mencabutkan kartu bagi anda yg SMS-nya terpilih untuk dibacakan
dan dijawab. Tapi the SMS very many, bisa lebih dari 1,600 SMS yg masuk selama
2 jam acara, pedahal yg bisa kebaca dan saya jawab paling banyak cuma 30 SMS
aja. So, the solution is ketemu aja sama aku LANGSUNG.

If you join Milis Spiritual Indonesia
<http://groups.yahoo.com/group/spiritual-indonesia>, kita biasa copy darat
sebulan sekali, berpindah-pindah di berbagai kota. Sabtu malam, 11 Oktober 2008
ini kita akan copy darat di Jakarta; dan Sabtu malam, 15 November 2008, kita
akan copy darat di Hotel Sahid, Surabaya. Tuan rumah kita bulan depan adalah
Radio Sonora, Surabaya, yg akan menyelenggarakan Seminar Spiritualitas Manusia
Modern dimana beberapa dari kita akan menjadi pembicara. Mbak Vivi Noviyanti
akan berbicara tentang, well... aku lali mbak, maybe tentang tantangan2
spiritual yg dihadapi oleh wanita2 POST MODERN di ibu kota Jakarta yg, katanya,
lebih kejam dari ibu tiri ini yah ? ... I don't know. Mas Audifax yg bersama
saya menulis buku "Psikologi Tarot" (Pinus, 2008) akan menjadi moderator di
seminar itu.

FYI, buku "Psikologi Tarot" sudah susah sekali ditemukan dimana-mana, sudah
jadi best seller pedahal belum pernah di launching. So, that's an example
bagaimana suatu buku yg membahas hal2 yg berkaitan dengan makhluk2 "halus" akan
BISA melaunching dirinya sendiri sehingga, bahkan saya sendiri sampai sekarang
tidak memegang satupun hard copy-nya. Oh, nasib, nasib...

So, here's the tanya jawab, semoga bermanfaat:

+

Mas Leo,

Tolong dong ditarot...

Saya lagi "dekat" dengan seseorang. Tetapi org ini adalah type yg sangat sibuk
sekaligus sangat sopan, sangat menjaga, sangat hati2, dan sangat sangat sangat
yg lain. Feeling saya mengatakan dia oke2 suka juga dengan saya. Belakangan
saya merasa sudah "dapat" chemestry nya. Tapi kok susah ya..., maksud saya...,
inisiatif harus dari saya dulu dan dia merespon dengan baik. Ini mungkin karena
dia sangat menjaga posisi dan jaim dan gengsi itu tadi. Tapi kan jadinya susah
kalau begini terus.

Sebetulnya, saya ingin "menangkap" hubungan bisnis dari dia. Karena dia adalah
org yg punya posisi. Tapi karena dia berkarakter sangat hati2, sehingga
hubungan menjadi lebih ke arah personal. Saya sih suka-suka aja. Tapi jadinya
rasanya kok saya yang terseret2 perasaan. Takutnya saya yang ke GR an juga.

Tolong ditarot dong...

1. Bagaimana perkembangan hubungan personal saya dengan org ini? Apakah membawa
perkembangan yang baik?

2. Bagaimana sih feelingnya dia kepada saya? Dan bagaimana ya bisa menyatukan?

3. Apakah ada kemungkinan saya "menangkap" bisnis dari dia?

Terima kasih sebelumnya,

+++

JAWABAN SAYA:

You asked: Bagaimana perkembangan hubungan personal saya dengan org ini? Apakah
membawa perkembangan yang baik?

CARDS: Knight of Swords - 2 of Pentacles - 2 of Cups

Artinya: Hubungan personal anda itu berawal dengan cepat, seperti datang begitu
saja tanpa diduga dan MASIH bisa membawa perkembangan yg baik jika anda TIDAK
memikirkan tentang hal2 praktis yg harus dilakukan. Kalau masih mau enjoy
seperti pertama kali berjumpa, maka akan menjadi baik. Tetapi kalau sudah
memikirkan tentang BAGAIMANA membawa hubungan ini ke masa depan, especially
ketika mempertimbangkan perasaan2 "eksklusiv" ingin menjadi orang satu2nya,
maka akan mulai muncul ganjalan2.

You asked: Bagaimana sih feelingnya dia kepada saya?

CARDS: 5 of Swords - King of Cups - 3 of Cups

Artinya: He enjoys and tolerates you, orangnya itu memang PASIF, dan kelihatan
tidak memperlihatkan usaha apapun. Dia merasa bahwa dirinya itu SUDAH apa
adanya saja.

You asked: Dan bagaimana ya bisa menyatukan?

CARDS: XII. the Hanged Man - I. the Magician - 2 of Wands

Artinya: Caranya itu dengan menggunakan KEMAUAN, harus diniatkan untuk
menyatukan, dan diteruskan saja one by one, step by step. Jalannya tidak bisa
langsung ke tujuan, melainkan harus setapak demi setapak, menggunakan ALL kinds
of creativity that you have within you.

You asked: Apakah ada kemungkinan saya "menangkap" bisnis dari dia?

CARDS: 7 of Cups - II. the Empress - VIII. Strength

Artinya: Tidaklah, orangnya itu BANYAK memiliki angan2 sehingga susah untuk
dipegang rencananya. Kalau mau, bisa saja dicoba, tetapi kelihatannya anda itu
BISA "menangkap" bisnis dari tempat lain dengan lebih mudah.

+++

RESPONSE DARI PENANYA

Mas Leo,

Terima kasih banyak. Kelihatannya tarot anda banyak jitunya.

Orang ini benar2 pasif karena sgt menyadari posisinya tinggi. Jadi agak2 jaim
juga. Tapi oke, dia merespon baik padaku.

Dan memang urusannya banyak..., jadi aku agak kesulitan minta jadi bagian
ekslusif darinya. Selama ini berjalannya bagus. Aku terus berusaha menciptakan
kesempatan2.

Mengenai peluang bisnis, memang dia tidak terlalu agresif untuk itu. Dan
mungkin, memang aku bisa dapatkan peluang dari org lain tetapi dengan
mempergunakan pengaruhnya.

Hal lainnya, org ini memang SUDAH APA ADANYA. Jadi ya sudah begitu itu..., aku
mau tidak mau nurut dia... Makanya aku jadi ga berkutik. Dan itu bikin aku
babak belur.

Thx v much,

Image dari kartu tarot Rider-Waite yg selalu saya pakai. Kartu yg ini namanya
MAJOR ARCANA 0. the Fool. -- The Fool merupakan salah satu ARCHETYPE yg hidup
di dalam kesadaran di diri kita masing2. Ada 22 Major Arcana, dan semuanya
merupakan SIMBOL2 dari archetypes yg hidup di dalam kesadaran manusia dan BISA
di-akses oleh kita, kalau mau. Saya suka the Fool karena ini adalah simbol dari
AWAL MULA ketika kita baru mulai melangkah. Kata lainnya adalah PILIHAN.
Choices atau options yg selalu terbuka bagi kita. Kalau kita mau ke kiri, maka
konsekwensinya kita yg tanggung. Mao ke kanan juga bisa, konsekwensinya juga
kita tanggung sendiri. It always works like that. Lalu yg mana yg benar ? ...
Jawab: Tidak ada. Tidak ada yg benar ataupun salah karena segalanya merupakan
PILIHAN PRIBADI. Kalau kita merasa bosan dan mau pindah ke kanan, ya pindah
saja sambil bilang so what gitu lho, and vice versa... -- Tarot Rider Waite
diciptakan oleh Arthur Edward Waite di
 Inggris, lebih dari 100 tahun lalu. Artist yg menggambari kartu2 itu namanya
Pamela Colman Smith, a woman. So, ini kartu juga merupakan SIMBOL dari
kolaborasi maskulin dan feminin, siapa bilang cowok selalu di atas wanita ? ...
Nggak lah. Cowok en cewek sama saja, yg penting cinta kasih, ceile ! ... Arthur
Edward Waite punya murid wanita yg namanya Lady Ashley yg berimigrasi ke AS.
Lady Ashley punya murid namanya John Gilbert, seorang professor metafisika di
AS. John Gilbert is my spiritual mentor. So, memang ada koneksinya seh... --
Tarot Rider Waite yg saya pakai sekarang merupakan hadiah from a lady also,
namanya Ika Sari Puspita. Akhir bulan Agustus lalu ketika copy darat di
Bandung, tiba2 Ika memberikan satu pak kartu tarot yg baru untuk saya dengan
syarat agar kartu tarot saya yg lama diberikan untuknya. Oh my god, said I to
myself. Tapi apa yg terjadi, terjadilah. So, akhirnya saya pakai kartu tarot
baru, dan yg lama berpindah tangan ke Ika Sari
 Puspita, lengkap dengan para JIN yg selalu menyertainya.

      New Email addresses available on Yahoo!
Get the Email name you&#39;ve always wanted on the new @ymail and @rocketmail.
Hurry before someone else does!