*Menjadi ayah merupakan salah satu pengalaman besar dalam hidup manusia yang
terus berubah , hal itu saya rasakanpada Tanggal 16 Januari 2009 adalah hari
bersejarah bagi saya, karena hari itu adalah kelahiran buah hati tercinta
"Quineisha Namia Zhafira" yang menurut arti nama yang saya cari dari
internet adalah "Putri pasangan erwin dan sh*** yang sempurna tubuh, pikiran
dan ahlaknya, serta selalu beruntung dan menang". amin karena nama adalah
doa orang tua kepada anaknya.

Banyak pria atau calon ayah baru yang merasakan perasaan tak menentu seperti
sedih, takut, dan stres setelah hadirnya si kecil, seperti yang kerap
dirasakan ibu yang baru melahirkan. Hal ini wajar saja, tetapi pahamilah
penyebabnya sehingga Anda bisa segera membangkitkan diri dari
perasaan-perasaan ini. sebenarnya hal tersebut saya juga mengalaminya, dan
hal tersebut hadir semenjak saya tahu bahwa istri saya telah hamil.

Sadar atau tidak terkadang banyak calon ayah, (hal ini kesimpulan saya
setlah banyak diskusi kepada beberapa sahabat yang juga istrinya mengandung
atau menunggu kelahiran putra/putri pertamanya) banyak calon ayah yang
terkadang tidak percaya kepada kemampuan dirinya untuk siap menjadi seorang
ayah, banyak pertanyaan dalam fikiran mereka pernah juga saya mengalaminya
seperti "Bisakah saya menjadi ayah yang baik, mampukah saya membiayai
kehidupan si kecil, akankah anak saya menyukai nya kelak, atau adakah biaya
yang harus disediakan untuk kelahiran buah hati tercinta, ataukah bayi saya
lahir sehat dan sempurna. dan pertanyaan lainya.

apa yang anda harus lakukan saat banyak pertanyaan dan ketakutan saat anda
menjadi seorang ayah, cobalah tenangkan diri anda sendiri, dengan ketenangan
semua dapat anda fikirkan dengan baik. Ingat anda tidak sendiri ada istri
anda sebagai pendamping hidup anda kini, nah anda bisa berbagi dengan istri,
coba berdiskusi dengan baik dan jujur, beberapa sahabat yang saya temui
ternyata banyak yang menyimpan perasaan takut sendiri, jangan lupa dalam
pernikahan anda adalah partner, anda sebaiknya terbuka dengan istri karena
hal ini dapat meringankan beban fikiran anda, dan menambah ke harmonisan
keluarga. atau anda bisa  menggikuti cara saya dengan berbagi cerita dengan
teman-teman yang dalam kondisi yang sama, atau coba baca buku/ majalah
/internet tentang masalah yang anda hadapi. dan yang terakhir adalah berdoa
kepada tuhan untuk masalah anda. karena dengan pendekatan kepada tuhan akan
membuat diri tenang dan ikhlas.

Menurut pengalaman pribadi saya banyak menemukan banyak hal yang
menyenangkan pada saat menjadi calon ayah atau menjadi ayah, misal saat
istri hamil saya banyak belajar tentang kehamilan apa yang harus dilakukan
dan apa yang tidak boleh, dan hal itu menyenangkan karena menambah
pengetahuan saya. atau  mencari makanan-makan yang bergizi untuk ibu dan
calon bayi, mendengarkan / merasakan gerakan-gerakan bayi di dalam perut
istri, atau deg-degkan ketika periksa kelamin calon bayi untuk usg di doter
kandungan, atau melihat di layar usg calon bayi saya bergerak-gerak.sungguh
saya merasakan sebuah keajaiban tuhan.

Satu hal yang paling menggembirakan saat menjadi calon ayah adalah saat
kelahiran buah hati anda mendengar tangisan pertama adalah saungguh luar
biasa menggembirakan, walau proses melahirkan sebelumnya sungguh melelahkan
seperti hal yang di alami istri saya ketika melewati masa persalinan. Jelang
jam 4 sore, masuk sms dari istri. Beritanya bahwa dia banyak keluar air
ternyata istri telah pecah ketuban, yang awal saya merencanakan kelahiran
normal di RS Hermina depok, akhirnya istriku memutuskan untuk meminta
pertolongan pada bidan terdekat, setelah itu saya pulang dari kantor, dan
menemani istri, istri saya telah mengalami indusi sampai jam 4 pagi, bidan
mengatakan bahwa istri saya harus caesar, sebuah keputusan mendadak dan
terlintas biaya caesar yang besar di fikiran saya, serta resiko dari caesar
yang menyeramkan (hal itu saya dapat dari Televisi tentang nyonya agian yang
lumpuh setelah di operasi) alhamdulillah semua berjalan dengan lancar. Tepat
jam 6 pagi istri saya masuk ruang operasi, yang saya bisa lakukan hanya
berdoa-dan berdoa agar istri dan calon istri saya selamat dan sehat,
alhamdulillah pukul 6.39 lahir lah bayi wanita mungil dengan panjang 52 cm,
dan berat 3,5kg, Rambutnya hitam dan tebal  Hari ini aku telah menjadi ayah,
setelah mengAzani dan mengikomat putri tercinta, Saya pulang ke rumah untuk
mencuci sendiri ari-ari bayi saya dan menguburnya dengan berbungkus kain
putih dan menguburnya dengan didahului doa-doa.

Satu hal yang saya percaya adalah anak adalah hasil cinta ibu dan ayah, jadi
pengurusan buah hati adalah tanggung jawab ibu dan ayah, bukan hanya
tanggung jawab ibu saja. sebagai ayah yang untuk memulai rasa cinta dan
keterikatan batin dengan buah hati adalah dengan menggendongnya, mencium,
atau membelainya. ada beberapa sahabat saya yang seperti takut untuk
bersentuhan dengan bayi kecilnya, tetapi sebaiknya anda tidak perlu tekut
sentuh atau gendonglah buah hati anda entuh atau gendonglah, perhatikan
bagaimana ia menggenggam jari Anda dengan tangan mungilnya, merespons suara
dengan menangis atau diam, memfokuskan pandangan kepada anda, begitu
menyenangkan bukan..

Sekarang sudah bukan jamannya lagi mengurus anak hanya dilakukan oleh ibu.
Pernyataan yang mengatakan bahwa si kecil hanya membutuhkan ibu adalah mitos
belaka. Fakta membuktikan bahwa sejak dalam kandungan hingga memasuki usia
dewasa anak membutuhkan peran aktif ibu dan ayah yang sama besarnya. Oleh
karena itu, seorang suami yang akan menjadi ayah harus mempersiapkan diri
sebaik-baiknya agar dapat menjadi ayah teladan bagi anaknya kelak.

Bayi baru lahir umumnya menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur.
Anda tak perlu khawatir jika bayi mengeluarkan suara yang cukup keras dalam
beberapa waktu selama tidur. Pada bulan-bulan pertama kehidupannya,
hari-hari si kecil akan sering diwarnai tangis karena menangis memang
merupakan cara bayi untuk berkomunikasi. Bersama pasangan Anda dapat
mengenali berbagai jenis tangisnya. Kapan tangis yang berarti lapar, minta
dikeringkan dari ompolnya, atau hanya ingin ditimang.

Dengan turut terlibat pada pengasuhan si kecil, Anda tidak saja menumbuhkan
kedekatannya, tetapi juga meringankan beban pasangan Anda. Selain itu,
melalui proses mengenali si kecil, Anda akan mendapati banyak hal
menakjubkan. Bagaimana seorang bayi tumbuh dan berkembang dari bulan ke
bulan dengan cepat. Rasakanlah kesenangan memperoleh tawa pertama si kecil,
atau kedamaian yang mendadak menyelimuti hati Anda bila si kecil tertidur
pulas dalam pelukan Anda. Apalagi bila hal-hal seperti ini dinikmati dengan
pasangan, akan semakin menguatkan hubungan Anda berdua. memang menjadi ayah
atau calon ayah adalah hal yang menyenangkan...

Bagi anda yang sedang menanti kelahiran buah hati anda saat ini adalah saat
yang paling menyenangkan jangan takut buatlah semua menyenangkan, dan anda
adalah orang yang beruntung karena banyak pasangan yang susah untuk
mendapatkan buah hati, bagi anda yang telah menjadi ayah selamat saat ini
adalah saat yang mendebarkan karena buah hati anda telah lahir dan ada
didunia, sayangi, dan cintai karena banyak keajaiban yang anda akan
temukan.... Jadi, jangan takut jadi ayah. Ketika mengetahui akan segera
menjadi ayah, katakan dengan semangat: Horeee..., aku jadi ayah!

Salam
Erwin Arianto

*

--