Google Omniscience (Al Alim) – Maha Tahu
Setiap manusia yang melek komputer pasti akan meng-Amin-kan, bahwa Google
itu adalah sumber dari segala ilmu pengetahuan. Miliaran orang sudah memohon
bantuannya, bahkan saya haqul yakin lebih banyak manusia yang mengklik
Google daripada yang berdoa. Kepada Google kita berani dan boleh mengajukan
permohonan apapun juga; mulai dari keinginan melihat gambar porno sampai
bagaimana caranya membuat Bom. Permohonan seperti itu pasti tidak akan Anda
ajukan dalam doa.

Begitu kita mendaftarkan diri, walaupun hanya sekedar untuk mendapatkan
alamat email ataupun di Facebook, mulai saat itu pula Anda telah menjual
jiwa dan kehidupan Anda kepada Sang Komputer. Tidak ada bedanya seperti
Faust yang telah menjual jiwanya kepada iblis. Mendaftarkan diri di
komputer, ini sama seperti juga kita telah menerima komputer sebagai illah
kita, dalam agama Kristen ini sama seperti juga di baptis atau di sunat
dalam agama Islam. Sebagai bukti nyata kesediaan kita untuk mengabdi kepada
illah komputer.

Mulai saat itu pula kita akan menyembah dan memberhalakan Google, sehingga
akhirnya bukan hanya sekedar lupa waktu, lupa keluarga, bahkan lupa akan
Allah yang sebenarnya. Telah terbuktikan, bahwa tidak pernah ada manusia
yang kecanduan terhadap Tuhan, tetapi sudah jutaan orang yang kecanduan
komputer. Hal ini merupakan satu bukti nyata bahwa komputer itu jauh lebih
berkuasa daripada illah manapun juga.

Sekali kita menjual jiwa diri kita kepada sang Google, bukan saja seumur
hidup kita akan terekam Google; melainkan sepanjang masa atau abadi. Nama
Anda akan tercantum terus untuk selama-lamanya di dalam buku kehidupan
Google sebagai salah satu umat penyembahnya. Satu ikatan yang tidak bisa
dilepaskan lagi.

Miliaran manusia setiap harinya, siang dan malam, 24 jam sehari, tiada
henti-hentinya
mempersembahkan makanan/data kepada Google, sehingga pengetahuannya setiap
detik semakin bertambah. Kita mempersembahkan bukan hanya sekedar data saja,
mulai dari foto (Flikr), film (YouTube) s/d rekaman (YouMusic). Misalnya 13
sonata lengkap dari Mozart sudah terekam. Google Earth mengetahui setiap
meter tempat di kolong langit ini. Selain itu Google Books telah merekam
jutaan buku. Tanya saja pengetahuan apa yang masih belum dikuasai oleh mbah
Google?

Tidak bisa dipungkiri bahwa mang Ucup termasuk salah penyembah Google yang
paling setia dan rajin. Berapa banyak sudah artikel yang saya persembahkan
kepadanya. Secara tidak langsung saya telah mempersembahkan seluruh isi otak
maupun pengetahuan yang saya miliki kepada mbah Google. Setiap hari bukannya
diawali ataupun diakhiri dengan doa melainkan dengan komputer. Benda yang
pertama dijamah bukannya istri atau anak, melainkan komputer.

Komputer bukan saja mengetahui segala-galanya, bahkan ia bisa mengetahui
seluruh lubuk isi hati anda? Mulai dari yang terburuk sampai yang terbaik.
Ia mengetahui semuanya maklum seluruh jejak kehidupan sehari-hari kita telah
terekam semua. Misalnya berapa kali dan dengan siapa saja si Pulan
berselingkuh? Rayuan gombal apa saja yang sudah si Pulan kirimkan, dan
kepada siapa dst-nya.

Ia juga mengetahui dimana orang menyimpan hasil uang korupsi dan kejahatan
apa saja yang sudah direncanakan ataupun yang pernah dilakukan. Masalahnya
begitu anda berkomunikasi dengan menggunakan alat elektronik mulai dari HP
s/d komputer semuanya bisa ditelurusi, mulai dimana anda berada s/d apa saja
yang sedang anda lakukan. Big brother watching you! Jadi tidaklah salah
apabila saya menilai bahwa sang komputer itu benar-benar Maha Tahu atau Al
Alim.

Omnipresence – Maha Hadir
Oleh sebab itulah juga tidaklah berkelebihan, apabila saya menilai bahwa
komputer itu juga layak untuk dinobatkan sebagai Omnipresence atau Maha
Hadir, karena ia itu Maha Lihat (Al Basir) dan Maha Mendengar (Al Sami).
Siapa saja, dimana saja dan kapan saja dapat selalu memohon kepadanya.

Maka dari itulah juga apabila terjadi kejahatan; entah kejahatan apapun
juga, polisi selalu berusaha untuk mendapatkan HP maupun komputer dari sang
tersangka, karena disitu terekam semua jejak kita.

Email: mang.ucup<at>gmail.com

Kirim email ke