Rekan-rekan,
Empat bulan terakhir, saya dan teman-teman dari RuaiTV telah melatih 106
citizen journalists yang 80% adalah masyarakat adat (Dayak) dari
berbagai wilayah di Kalimantan Barat.  Mereka mendapatkan pengetahuan
dan keterampilan basic journalism  (antara lain bagaimana membedakan
fakta dari opini/klaim atau non-fakta,  teknik observasi, 5W+1H,
piramida terbalik) melalui pelatihan selama  dua hari penuh.

Kemudian, bulan lalu, kami meluncurkan layanan  RuaiSMS yaitu layanan
berita melalui sms. Para citizen journalists ini  yang melaporkan
berita. Para CJs ini hanya melaporkan peristiwa.

Untuk itu  saya menawarkan layanan berita melalui sms ini. Silahkan
kawan-kawan subscribe ke RuaiSMS. Caranya dengan  mengirim sms ke no
082150233639 dengan isi: Reg <spasi> lokasi atau domisili (yang bisa
kota, kabupaten).

Kawan-kawan kemudian tersambung ke layanan RuaiSMS.  Berita-berita dari
CJs akan terkirim ke HP kawan-kawan. Layanan ini  gratis, tidak menyedot
pulsa. Kami mendapat dana sampai awal tahun depan  dari Packard
Foundation dan ICFJ.

Tapi kami menerima juga sumbangan transfer pulsa ke no kartu Simpati:
082150233639. Pulsa akan digunakan untuk pengiriman sms ke no
kawan-kawan juga.

Terima kasih.

Salam,
Harry Surjadi