JANGAN TUNDA  BERKONTRIBUSI. Posted ISWARDENI. Kir Agnes. Emi Kiyosaki (saudara
perempuan Robert T Kiyosaki, penulis buku “Rich Dad, Poor Dad” yang terkenal
itu) adalah seorang aktivis yang sering menemani para pasien yang tengah
menunggu ajalnya. Dari kegiatannya ini, Emy Kiyosaki MENEMUKAN bahwa penyesalan
terbesar yang dialami manusia bukanlah penyesalan akan apa yang telah ia
lakukan. Tetapi, Penyesalan atas apa Yang TIDAK Dilakukan.

Ketika diberi amanah bekerja di perusahaan, banyak yang tidak memberikan
kontribusi terbaik. Bekerja seadanya, yang penting gajian setiap bulan. “Saat
aku diberi pekerjaan menantang oleh perusahaanku, aku malah menghindar, andai
kesempatan itu dulu aku ambil maka kehidupanku tidak akan seperti ini jadinya".

Ada juga yang menyesal, “Ketika kesempatan itu datang, aku takut untuk
mengambilnya. Aku terlalu kerdil. ”Ya, memang banyak orang yang menyadari bahwa
kesempatan yang sama jarang datang 2 kali. Tapi sayang, kesadaran itu muncul
justru saat mereka telah tua.

“Ketika orang-orang yang mencintaiku, pasangan hidupku, anak-anaku meminta
perhatianku, aku begitu sibuk dengan diriku dan keberhasilanku sendiri, hingga
akhirnya aku menyadari, aku telah kehilangan cinta mereka. Hidupku terasa
kering. Bahkan aku tak lagi bisa menemukan makna kehadiran diriku di dunia
ini”.

Begitu juga ada yang menyesal tentang hubungannya dengan orang tua. “Saat aku
diberi kesempatan merawat orang tuaku, aku malah menyia-nyiakannya. Aku justru
lebih banyak mengeluh, perhatianku tidak 100% kepada mereka. Bahkan kata-kataku
sering menyakiti mereka. Saat orang tuaku meninggal, aku baru menyadari bahwa
aku telah menjadi anak yang tidak tahu diri.”

Saya berharap, Anda & saya tidak termasuk orang yang menyesal saat ajal
menjemput.
Mengapa? Karena
(y) Kita tidak menyia-nyiakan setiap kesempatan yang ada di depan mata.
(y) Kita tidak pernah menunda-nunda apa yang harus kita kerjakan.
(y) Kita tidak pernah menolak setiap kesempatan baik yang datang.