CINTAI DAN SAYANGI SETIAP SAAT posted by Iswardeni from,p Kristin Liu
I feel so grateful for all I have been trough and for all what had
happened.O:): I need to be loved

Malam itu, jam membaca buku saya tersita karena harus mengunjungi klien yang
dirawat di ICU. Seorang wanita paruh baya menghubungi saya dan meminta saya
untuk berbicara kepada adiknya yang sudah koma selama seminggu. Ngobrol dengan
orang yang sedang koma tidaklah seasyik kita ngobrol dengan teman ngopi.

Kadang mereka tidak memberikan respon sama sekali, tapi terkadang saya juga
beruntung dan bisa mendapatkan respon dari mereka. Walau hanya berupa gerakan
jari atau kedipan kelopak mata saja, namun respon tersebut sudah bisa
memberikan tetesan air mata haru biru bagi keluarga yang sedang menunggu.
Sekaligus juga sebuah tawa tertahan sebagai luapan rasa bahagia.

Dari sini saya bisa melihat betapa berharganya orang yang sedang koma itu di
dalam hati keluarga yang sedang mengharapkannya untuk bangun dan sembuh.
Sayangnya ada beberapa dari mereka yang baru mengungkapkan betapa berharganya
dia justru ketika dia hanya mampu memberikan respon sederhana di saat koma
seperti itu.

Saya berpikir barang kali kisah ini akan lebih indah ketika ungkapan bahwa dia
adalah manusia bermakna dan berharga bagi keluarga itu diberikan pada saat dia
sedang dalam kondisi yang sehat. Ungkapan "kami minta maaf" itu disampaikan
padanya ketika perasaannya baru saja terluka oleh mereka. Dan "kami telah
memaafkanmu dan akan tetap menerimamu sebagai bagian yang paling berharga dari
hidup kami" disampaikan saat dia sedang membutuhkan kekuatan untuk bangkit dari
rasa bersalahnya.

Dari pengalaman saya mendampingi banyak orang untuk menyembuhkan dirinya, saya
memetik satu pelajaran bermakna. Bahwa salah satu hal yang paling dibutuhkan
untuk sembuh adalah CINTA. Dan mereka memerlukan dalam jumlah yang banyak.
Mereka butuh kasih bukan kasihan kepada mereka.

Teman-teman, tidak semua orang punya keahlian untuk menjadi seorang penyembuh,
tapi kita semua punya cinta untuk menyembuhkan. Menyembuhkan diri kita sendiri
dan juga orang lain.
Selamat menyembuhkan....
Iswardeni, thks