RUBAH CARA DAN COBA LAGI.
Hendaklah kita memakai kejelian dan kecerdasan kita untuk memecahkan masalah
kita dan bukan hanya mengandalkan keuletan dan kerajinan kita untuk bekerja.
Pantang menyerah cukup baik, tetapi jika tanpa kecerdasan semuanya sia-sia,
maka pakailah kecerdasan kita..
Kiriman Herman Saputro
Iswardeni: Thks yach

 DUA EKOR TIKUS

Di dalam got yg gelap hiduplah dua ekor tikus yg saling bersaudara. Suatu saat
kedua ekor tikus ini melihat sebuah roti keju dari lubang sebuah selokan.
Tikus-tikus ini ingin sekali memakannya tetapi sayang lubang selokan itu
tertutup oleh jeruji besi yg sangat kuat.

Kedua tikus ini berusaha sekuat tenaga untuk menghancurkan jeruji besi itu
dengan gigi-gigi mereka yg tajam tetapi gigi mereka mulai rusak karena jeruji
besi itu terlalu keras bagi gigi mereka yg kecil.

Kedua ekor tikus ini kecapaian, dan butuh istirahat. Tikus pertama berkata
dalam hatinya: “Aku tidak akan menyerah, setelah ini aku akan menghancurkan
jeruji besi itu dgn sekuat tenagaku. Pantang menyerah adalah pangkal dari
keberhasilan !” Tikus kedua termenung dan berpikir : “Aku akan kehilangan semua
gigiku jika aku nekat menggigiti jeruji itu. Ada baiknya kalau aku mengambil
jalan lain saja untuk mendapatkan roti keju itu.”

Setelah beristirahat sejenak, tikus pertama mulai menggigiti lagi jeruji besi
itu dgn sekuat tenaga sedangkan tikus kedua mundur diri dari usahanya. Melihat
tikus kedua mundur diri tikus pertama mulai mengejek saudaranya itu katanya :
“Kamu itu sifatnya mudah menyerah dan tidak ulet bekerja, mana mungkin kamu
bisa berhasil dalam kehidupanmu?” Tikus kedua tidak mempedulikan ejekan
saudaranya, dia mundur mencari jalan lain ke tempat roti keju itu.

Akhirnya tikus kedua berhasil memperoleh jalan ke tempat roti keju itu
sedangkan tikus pertama kelelahan dan hancur giginya karena menggigiti jeruji
besi itu.