By Kristin Liu
Everything needs time to grow. You can't have a baby in a month by asking 9
women to pregnant. #Enjoy the proper process.: Ketika saya mulai diam...

Dulu saya punya kebiasaan mengkritik orang lain. Protes ini, protes itu. Ada
saja yang harus saya komentari. Intinya apapun itu saya beri komentar, sebab
saya merasa tidak cocok dengan apa yang dilakukan oleh orang lain. Jika orang
lain memberikan bantahan maka saya akan memberikan pernyataan tandingan. Sampai
seringkali pernyataan saya lebih dominan emosional daripada rasional.

Lalu ketika saya menyempatkan diri untuk mulai duduk diam dan mengamati kondisi
internal saya, saya baru tahu. Waaaw... Tidak heran selama ini hidup saya
runyam sekali. Banyak hal yang tidak sesuai dengan saya. Kondisi batin saya
saja acak adut. Berserakan. Pikiran saya tidak rapi. Terlalu liar untuk bisa
fokus kepada satu hal dan menikmatinya sebagaimana adanya.

Dari pengalaman ini saya belajar bahwa, ketika saya sibuk mengomentari orang
lain, itu karena saya tidak betah dengan diri saya sendiri. Pikiran saya tidak
betah tinggal di dalam diri saya karena internal yang kacau balau. Pikiran saya
telah punya kebiasaan tidak rapi dan dia mulai mengacaukan orang lain dengan
kritikan-kritikan.

Setelah saya lebih sering lagi duduk diam dan memberi pikiran saya tugas untuk
fokus pada satu hal saja, selama setengah jam, satu jam setiap hari. Pikiran
saya perlahan-lahan mulai rapi. Saya lebih banyak memuji daripada mengkritik.
Saya lebih memberi saran daripada menyalahkan. Saya lebih banyak diam
mendengarkan daripada berbicara kesana kemari. Saya lebih bisa memilah mana
informasi yang bermanfaat untuk saya mana yang harus saya abaikan saja. Saya
lebih banyak tersenyum daripada berwajah tegang.

Lingkungan saya mulai berubah. Dengan pujian tulus mereka lebih berkembang di
banyak aspek. Mereka bertumbuh. Satu pembelajaran lagi bagi saya bahwa ternyata
ketika saya memandang kualitas positif dari orang lain dan menyampaikannya
dengan tulus, mereka akan berubah menjadi lebih baik.

Ternyata untuk mengubah lingkungan saya, saya dulu yang harus berubah.

Salam,
Kristin Liu
Iswardeni: Thks yach