•Jembatan•

Alkisah ada dua orang kakak beradik yang hidup di sebuah desa. Mereka hidup
rukun berdampingan, bahu-membahu dalam usaha pertaniannya.

Namun, kini mereka jatuh ke dalam pertengkaran hebat. Dimulai dari
kesalahpahaman yang sepele. Kemudian berubah menjadi perdebatan yang besar. Dan
akhirnya mereka saling berdiam diri tak tegur-sapa.

Suatu pagi, seorang tukang kayu mengetuk rumah sang kakak. "Maaf tuan, saya
sedang mencari pekerjaan." Kata pria itu ramah.

"Oh iya! Kamu datang di saat yang tepat. Kau lihat ladang di seberang sungai
sana? Itu adalah rumah adikku. Minggu lalu ia mengeruk bendungan dengan
buldozer lalu mengalirkan airnya ke tengah padang rumput itu sehingga menjadi
sungai yang memisahkan tanah kami. Aku tidak terima dan aku akan membalasnya.
Di situ ada gundukkan kayu. Aku ingin kau buat pagar setinggi 10 meter agar aku
tidak lagi melihat rumahnya. Aku ingin melupakannya."

Kata tukang kayu, "baik. Belikan saya paku dan peralatan. Akan saya kerjakan
sesuatu yang bisa membuat tuan senang." Kemudian sang kakak pergi membeli
kebutuhan tukang kayu itu.

Si tukang kayu bekerja sangat keras. Hingga sore hari, ketika sang kakak
kembali, tukang kayu itu baru saja menyelesaikan pekerjaannya.

Namun sang kakak begitu kaget karena tak ada satupun pagar yang berdiri. Yang
ada hanya jembatan melintasi sungai yang menghubungkan ladangnya dengan ladang
adiknya. Jembatan itu begitu indah.

Dari seberang sana, terlihat sang adik berjalan menaiki jembatan itu
menghampiri sang kakak. "Kakak, kau sungguh baik hati mau membuatkan jembatan
ini. Padahal sikap dan ucapanku telah menyakiti hatimu. Maafkan aku." Kata sang
adik pada kakaknya. Dua bersaudara itu pun bertemu di tengah-tengah jembatan,
saling berjabat tangan dan berpelukan.

Aquarius Inspiration 230 (19 September 2013)
*
Iswardeni Citra Nusantara: Thks yach