On Wed, Nov 01, 2000 at 02:17:17PM +0700, Syafril Hermansyah wrote:
> Kok di abstract di sebut sama saja antara TLS dg SSL ya ?

Naming convention? Supaya tidak rancu dengan SMTP over SSL. IMHO.
Saya sendiri kurang tahu mengapa disebut dengan istilah yg berbeda,
setidaknya alasan sebenarnya saya kurang tahu :-)

ESMTP STARTTLS masih pakai port 25, koneksi pertama unencrypted.
Sewaktu client issue 'EHLO hostname' akan kelihatan apakah server
support STARTTLS, bila ya, maka client issue STARTTLS, baru
komunikasi selanjutnya berlangsung encrypted.

Sebelum bisa membangun server smtp yang support STARTTLS ini, kita
harus terlebih dahulu punya library SSL, kalau saya pakai OpenSSL
(http://www.openssl.org).

Kalau SMTP over SSL, tunnel SSL dibuat 'terlebih dahulu'. Baru
komunikasi selanjutnya dilakukan via tunnel tsb. (pakai port 465,
bukan 25). Praktis pakai mailserver (MTA) konvensional pun masih bisa
membuat SMTP over SSL. Tentunya setelah kita punya atau bisa
mengadakan tunnel yang dimaksud, yang juga pakai library SSL.

Salam,

P.Y. Adi Prasaja