Hello Hendradi Walujo and all MDaemon-L ListMember,

On  Thu,  16  Nov 2000 at 11:09:41 GMT +0700 (which was 16/11/2000 11:09
where you think I live) you told to the list:

HW> saya lihat di website mailscan, yang terkini masih 2.3.0.0c ya pak ?

Betul.

HW> pak apa kalo saya install 3.x, apakah Update atau Upgrade ?

Update

HW> soalnya untuk mailscan khan license nya bukan per versi ya pak,
HW> tapi per tenggang waktu ? cmiiw

Anda bisa menggunakan versi 3.x dg license 2.x (saya sdh test disini dan
jalan,  entah  saat production nanti, mestinya sih asal subcription Anda
masih  valid  maka  updatenya akan free).

Versi  3.x  ini  sebenarnya terdiri atas 2 bagian : MailScan dan E-scan,
dimana  E-scan mencakup File Anti Virus (miriplah dg McAfee atau Norton,
cuma  disini  kita bisa pilih drive/direktori/folder/file apa saja yg di
scan  maupun  "real  time  protect). E-scan juga mencakup http/ftp scan,
artinya  saat  Anda  browsing  atau  download  file,  maka  E-scan  akan
mendeteksi adanya virus.

Untuk  versi  Beta  saat  ini,  saya  tidak  menyarankan untuk Anda coba
install  di  "production  machine", mengingat masih banyak setting perlu
dilakukan  secara  manual  (menunya belum ada), dan untuk itu Anda perlu
tahu  banyak  tentang  tcp/ip  port,  krn E-scan menggunakan Socket/Port
Layer  scanning  (mirip  cara  kerja port sniffer), shg kemungkinan port
conflict besar.

- Syafril -

#Opinion expressed are only mine#

Dibuat : Kamis 16 Nopember 2000, 11:56:55 GMT +0700

Saya menggunakan MDaemon 3.5.1 Final di NT4 SP6a