On Wed, 27 Feb 2002 15:33:44 +0700
Leonardo Julyawan wrote to <[EMAIL PROTECTED]>:

> Pak, dapatkah kita membatasi penggunaan bandwith utk pengiriman e-mail
> dgn menggunakan wingate atau mdaemon utk per user, sehingga bandwith
> yg ada dpt dibagi utk alokasi penggunaan e-mail dan browsing.
> Terima kasih atas arahannya.

Ini pertanyaan yg seringkali muncul di Milis manapun dan saya tdk pernah
mdpkan jawaban yg pas :-(

Saya pernah coba-2x melakukan hal ini, ada 2 pilihan yg bisa dilakukan
(yg pernah saya coba) :

1. Menggunakan aplikasi yg memiliki bandwith alocation
Di program ini kita memberikan prioritas brp persen dari kapasitas
bandwith kita alokasikan utk protocol tertentu (contoh program macam ini
: Sygate office network, Languard realtime for ISA server dll).

2. Melakukan routing berdasarkan destination/tujuan
Untuk ini kita perlu punya lebih dari satu connection, dimana untuk mail
kita arahkan melalui connection satu sementara utk yg lain (browsing)
menggunakan connection yg ke dua.

Cara kedua ini bisa kita lakukan di Wingate (dg pengaturan binding
interface/connection profile) khususnya utk SMTP connection. Untuk itu
kita harus running MDaemon behind Wingate. Kerugian dg cara ini
(menggunakan SMTP Mapping dari Wingate) maka MDaemon jadi kehilangan
"first contact" dg Mail Server destination, shg jika terjadi problem
mail tdk terkirim (spt contohnya Pak Eko Junaedy) maka Mdaemon logs tdk
membantu banyak.

Saya sendiri disini lbh suka mengatur sbb : MDaemon menggunakan
fasilitas NATnya WinGate, sementara semua user menggunakan www proxy
service, dg demikian pengaturan bandwith dilakukan di WinGate (walaupun
saat ini blm ada pengaturan secara eksplisit di Wingate soal limit
bandwith per protocol spt halnya di Sygate, akan tetapi lumayanlah,
MDaemon selalu kebagian bandwith utk melakukan proses sending/receiving
(terlihat saat melakukan download file melalui download
manager/FTPClient saat MDaemon aktif maka transfer rate di Download
Manager menurun dan naik lagi stl MDaemon selesai melakukan aktivitas.

=======
"Syafril Hermansyah"<[EMAIL PROTECTED]>--
Arsip        : <http://mdaemon-l.dutaint.com>
Moderator    : <mailto:[EMAIL PROTECTED]>