This is a forwarded message
***Comment

Ini  ada  info  (sangat teknis mungkin) mengenai Internet lewat jaringan
kabel listrik.

 Syafril                            mailto:[EMAIL PROTECTED]

End***

>From   : Ihsan Hariadi <[EMAIL PROTECTED]>
To     : [EMAIL PROTECTED]
Date   : Thursday, July 11, 2002, 2:35:45 PM
Subject: [itb] the last mile (plc)

===8<==============Original message text===============

  Date: Thu, 11 Jul 2002 00:23:04 -0700 (PDT)

  Pekik Argo Dahono :
  -----------------
> Sampai saat ini, hambatan utama dari komunikasi dengan PLC adalah trafo.
> Diperlukan transceiver dan receiver di setiap trafo, dan ini nggak murah.
> Mungkin masih perlu waktu beberapa saat untuk merealisasikan komunikasi
> yang baik lewat jaringan listrik.

  ihsan:
  -----
  Nampaknya memang demikian, pak Pekik. Yang menjadi salah satu kendala
  utama adalah mewujudkan * jembatan * dari jaringan backbones nya PLN
  ( yang sudah diwujudkan dengan serat optik ) ke jaringan level di
  di bawahnya hingga ke *-last mile-* ( the customer's premise ).

  kalau saya selama ini lebih membayangkan powerline untuk home networking
  baik untuk wahana diam (misalnya rumah/bangunan/pabrik), ataupun wahana
  bergerak ( automotive electronics ). Bisa dibandingkan dengan apa yang
  direkomendasikan dalam laporan studi di bawah ini (tahun 2000 ):

      < http://www.westlbpanmure.com/documents/broadband.pdf >

  Kajian tsb. lebih cenderung merekomendasikan PLC untuk home-networking
  saja, jadi program *bridging the last mile* ini tidak perlu
  dilakukan.
                                     ***

  Memang nampaknya sedang ada conflicting messages. Ascom nampaknya yang
  sekarang sedang gencar memasar kan teknologi PLC nya (mungkin termasuk
  yang akan digelar di INA tsb. ? ), kabarnya juga akan dapat kontrak dari
  Rusia.

                                    ***

  Soal coupling untuk menjembatani halangan pada trafo, nampaknya banyak
  peluang inovasi di sini. Back to basic, apa saja metode coupling
  yang mungkin? :

       (1) magnetic-field  (near-field) coupling?
              (2) electric-field  (near-field) coupling?
       (3) RF coupling
       (4) optical coupling

                  ===> paling elegant, tetapi mungkin tidak murah (?)

       (5) mechanical coupling ( also acoustical coupling )
       (6) thermal    coupling

                  ===> saya lagi tertarik dgn. yang ini: Bagaimana
                       jika dengan teknologi nano misalnya, orang
                       bisa membuat thermopile (array of thermocouple
                       in micro-size, connected in series) yang bisa
                       secara termal di switch tegangan outputnya:

                                    => dari LOW   -> HIGH
                                    => dari HIGH  -> LOW

                       dalam selang waktu hingga ratusan nano detik?

       (6) chemical   coupling  ===> joke content 50 % .. :-)

       (7) biological coupling  ===> joke content 75 % ... :-))

       (8) spiritual coupling   ===> joke content 95 % ......:-)))

                                                           :-)

                                                     -ihsan hariadi-

===8<===========End of original message text===========

--

Arsip        : <http://mdaemon-l.dutaint.com>
Moderator    : <mailto:[EMAIL PROTECTED]>
Henti Langgan: <mailto:[EMAIL PROTECTED]>
Berlangganan : <mailto:[EMAIL PROTECTED]>
Latest Vers. : 6.0.3