On Wed, 30 Jul 2003 15:10:24 +0700
Syafril Hermansyah <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Ya mana bisa begitu ?

Ah bodohnya saya, semalam saya pikir-2x lagi apa sih sebenarnya yg jadi
kekuatiran Anda, rupanya begini :

- Misalkan [EMAIL PROTECTED] kirim mail ke [EMAIL PROTECTED]
- Mail ini didistribusikan ke 4 orang : A s/d D

sampai disini tdk ada masalah

- sekarang katakanlah A response, dg bcc: ke B, C dan D
- Saat [EMAIL PROTECTED] reply, maka disinilah muncul kekuatiran bahwa
  responsenya tertuju hanya ke [EMAIL PROTECTED] saja shg B, C dan D tidak
  mendapat mail.

benar begitu ?

Besar dugaan saya Anda mengambil assumsi sbb :
- A, B, C dan D memiliki account sendiri-2x.
- Menggunakan POP (IMAP blm jadi pertimbangan, krn blm dicoba <g>).
- Email client yg digunakan adalah Outlook yg tidak memiliki fasilitas
  BCC: per account/profile.

Kalau Email client yg digunakan "pintar", hal ini bukan masalah besar
sekalipun pakai POP account. Misalkan saja di sylpheed-claws yg saya
gunakan, jika saya create 2 account/profile, maka saat reply mail yg
ditujukan ke [EMAIL PROTECTED] maka otomatis sylpheed memilih
profile1, jika mail ditujukan ke [EMAIL PROTECTED] saat reply
otomatis menggunakan profile2 (saya tdk perlu membuat template folder
macam di The Bat!).

Oh well, krn default di tempat Anda tidak pakai smart MUA spt yg saya
sebutkan diatas, maka menurut saya, hal ini bisa diatasi dg IMAP account
:
- Create Account [EMAIL PROTECTED] adalah IMAP account, yg diakses
  secara bersamaan oleh A, B, C dan D
- Dg demikian saat A, B, C atau D compose atau reply mail, baik FROM:
  maupun Reply-To: <address> nya akan menggunakan [EMAIL PROTECTED]

Untuk BCC:, krn Outlook tidak bisa melakukan sendiri, maka perlu
dibuatkan Content Filter :
- If message FROM: [EMAIL PROTECTED] AND TO not contains
  [EMAIL PROTECTED]
- then copy message to Public Folder #You-Named-It

Boleh saja si A, B, C dan D memiliki private account sendiri-2x yg
diakses melalui POP, akan tetapi khusus utk account
[EMAIL PROTECTED] mereka sharing mengguukan IMAP.

MDaemon-L Moderators, menggunakan MDaemon 6.8.5R beta RC1 under W2K3

Versi Terakhir : MD 6.8.4, LD 2.1.0, WA 2.0.5, MDAV 2.2.1, MDGW 1.0.4

Kirim email ke