On Wed, 07 Jan 2004 16:51:53 +0700
Sapta Peri wrote:

> ini solusinya gimana ya ?

Ini routing (connection) problem, perlu koordinasi antar ISP (ISP Anda
dan ISP sender) kalau memang problemnya memang link internet.

Bisa saja problemnya di tempat kita sendiri, misalkan saja akibat Anda
pasang firewall di depan MDaemon atau salah mensetting TCP/IP di O/S,
salah setting router, pasang anti virus yg salah ... bisa banyak
macamnya dan perlu diinvestigasi lebih rinci utk memastikannya.
MDaemon/Mail Server hanya mengikuti saja setting tcp/ipnya O/S.
Intinya, problem Anda ada di masalah koneksi tcp/ip bukan di MDaemon.

> karena kalau saya baca di archive - mlist hanya masalah isp yg
> nge-blok apakah kondisi ini akan terus begini atau hanya temporary
> saja.

Tergantung kasusnya, tidak semua kasus penyebabnya sama walau bisa saja
sama/mirip. Di Milis ini dulu memang pernah dibicarakan soal blocking
icmp packet yg keterlaluan shg sering terjadi Time Out, tp belum tentu
hal yg sama mrpkan penyebab di tempat Anda, krn saat ini sdh semakin
sedikit ISP yg melakukan blocking spt itu.

MDaemon-L Moderators, menggunakan MDaemon 7.0R beta Q under W3K

Moderator      : <mailto:[EMAIL PROTECTED]>
Versi Terakhir : MD 6.8.5, LD 2.1.0, WA 2.0.5, MDAV 2.2.2, MDGW 1.0.4

Kirim email ke