At 04:44 PM 1/20/2004 +0700, you wrote:
> lalu selain astinet ISP apakah yg lebih handal dengan 128 kbps di
> semarang ini
> hu...hu...hu...

Hwaduh saya nggak tahu kalau soal ISP di Semarang.
Mungkin yg lain (barangkali Pak Hian dari Semarang sdg monitor dan kasih
pendapat ?).

Hehehe, saya sih selalu monitor milis ini dong :-)

Saat ini saya tetap pakai IndoSAT, dengan pertimbangan link ke luar negeri
yang baik (karena majority komunikasi e-mail banyak kita lakukan ke luar negeri)
dan di Semarang ndak ada ISP yang terbaik diantara yang terburuk (i.e. CBN)

Mail Server saya colo di IndoSAT Semarang, lalu di kantor, kita punya Mail
Server lagi (saat ini masih MultiPOP, belon sempat konsentrasi ke DomainPOP
karena kerjaan begitu banyak) yang terconnect dengan VSAT ke IndoSAT Jakarta
dengan 128 Kbps

Pertimbangannya, bila link IndoSAT Jakarta - IndoSAT Semarang putus, saya
bisa mengaktifkan Mail Server di kantor sebagai Backup MX, sehingga mail
tetap jalan (pernah terjadi tahun lalu).. juga bila link VSAT IndoSAT Jakarta -
kantor putus, saya bisa pakai WLAN connect ke IndoSAT Semarang..

Tapi waktu gempa kemarin sehingga link international putus, yah apa boleh
buat, tetap sewot karena trafik e-mail bener2 problem <g>  Kecuali mo' buang
duit connect sendiri ke S'pore, hahaha :-)

Memang terlihat biaya cukup tinggi, tapi kita lakukan agar mail availability
cukup tinggi juga.. khan ndak lucu bisnis sekian juta dollar misalnya,
ditopang dengan infrastruktur e-mail yang tidak reliable...

Salam,
Hian

Arsip : <http://mdaemon-l.dutaint.com>
Moderator : <mailto:[EMAIL PROTECTED]>
Henti Langgan : <mailto:[EMAIL PROTECTED]>
Berlangganan : <mailto:[EMAIL PROTECTED]>
Versi Terakhir : MD 6.8.5, LD 2.1.0, WA 2.0.5, MDAV 2.2.2, MDGW 1.0.4

Kirim email ke