On Fri, 30 Jan 2004 10:29:11 +0700
Christianto Tjahyadi wrote:

> Secara teori, harusnya lebih mudah dgn MultiPOP. Kita tinggal men-
> definisikan user(s) di server kedua, yg juga terdaftar di server
> pertama, kemudian fasilitas multiPOP di masing-masing user di server
> kedua, diaktifkan.

Multipop praktis/gampang tp tidak se-efisien DomainPOP dalam penggunaan
bandwidth, mirip dg NAT yg tidak efisien dibanding proxy dalam
penggunaan bandwidth shg org membuat transparent proxy.

Apa yg disampaikan Pak Mugi sdh baik, secara explisit jadi begini :
- di server online di create semua user, autoforward ke spool mailbox yg
  ada di server itu juga (misalkan namanya [EMAIL PROTECTED]).
- MDaemon yg ada di office melakukan domainpop ke [EMAIL PROTECTED]

> Saya biasa menggunakan cara ini utk POP mail dari beberapa ISP. Tapi
> tidak berjalan, saat mdaemon to mdaemon POP. Apakah sesama mdaemon
> tidak boleh saling POP? :)

Boleh saja, tp Anda harus pertimbangkan soal message loops. Kalau
MultiPOP yg ingin dijadikan pilihan utk mirror mailbox (user punya
pilihan mau akses dari server yg manapun), maka gunakan dynamic
multipop.

MDaemon-L Moderators, menggunakan MDaemon 7.0R beta T under W3K

Versi Terakhir : MD 6.8.5, LD 2.1.0, WA 2.0.5, MDAV 2.2.2, MDGW 1.0.4

Kirim email ke