On Thu, 26 Feb 2004 12:08:09 +0800
William wrote:

> Kalo pake to this host mk resolve DNS dilakukan oleh host tsb.
> Tampaknya DNS anda terlalu lambat meresolve nama.

Prinsipnya jawaban sudah benar, akan tetapi yg soal DNS tidak tepat.
DNSnya CBNnet (202.158.3.7 khususnya) memang akhir-2x ini amat sangat
lambat dan sering tidak bisa resolve, saya mengalaminya sendiri dirumah.
Di rumah (dial up) sering muncul error jika melakukan nslookup/host/dig,
saya lupa kata-2x nya secara persis tp kira-2x "....receiving not valid
dns data, received from 202.158.3.6 while expecting from 202.158.3.7
...bla bla bla).

> Kalo begini sebaiknya timeout yg 90 seconds dinaikkan, misalnya  200
> seconds.

Query DNS (udp) itu cukup 60 seconds, kalau tdk salah ingat udp query
dns itu cuma berkisar 45 seconds saja, lain halnya jika replicate antara
master and slave DNS atau recursive, yg ini menggunakan tcp connection.

> Selain itu meskipun pada kali yg ke 3 berhasil dapat IP
> International.com koneksi anda Timeout, koneksi anda ke IP =
> [216.234.246.150] bermasalah mungkin krn jaringan ekternal ADSL tsb yg
> lambat.

Spt yg sdh dilaporkan rekan Iskandar kemarin ini, memang koneksi
International CBNnet banyak time out, khususnya ke Hong Kong, Singapura
dan bbr lokasi di US (210.x.x.x, 216.x.x.x). Sebaiknya relay saja dulu
melalui smtp.cbn.net.id utk outbound, syukur-2x bisa inbound juga :-)

MDaemon-L Moderators, menggunakan MDaemon 7.0R beta RC4 under W3K

Versi Terakhir : MD 6.8.5, LD 2.1.0, WA 2.0.5, MDAV 2.2.3, MDGW 1.0.4

Kirim email ke