On Thu, Mar 04, 2004 at 08:36:33PM +0700, Syafril Hermansyah wrote:
> Saya sebenarnya mengerti maksud Anda, dan saya juga tahu ada
> benchmarking tools yg pernah dibuat orang (misalkan Comminigate Pro
> membuat benchmark tool sendiri, juga Iplanet, Merak dan bbr lagi), cuma
> guru saya dulu pernah kasih tahu bhw benchmark-2x spt itu tidak berarti
> banyak, malah bisa membuat kita jadi keliru menginterpretasikan dan
> mengabaikan *hal-2x pokok* yg menjadi *kebutuhan kita*.

tool yang tersedia untuk benchmark smtp tujuan awalnya
dibuat bukan untuk mengadu MTA :-) tapi sangat bermanfaat
untuk capacity planning. misal, jangan mimpi menghandle
150.000 user *aktif* kalau dengan rate 1 atau 2 msgs/s
saja sudah mereject koneksi. menentukan spec HW yang
dibutuhkan sesuai dengan kapasitas yang diinginkan
(kecepatan). jadi, 'hal-hal pokok yang menjadi
kebutuhan kita' mustahil bisa diluruskan tanpa
benchmarking tools, yang ada jadinya MIPS :P

sebagai tool capacity planning, tidak perlu interpretasi.
tapi kalau mengadu MTA, baru perlu interpretasi, sebenarnya
sih dibutuhkan pemahaman menyeluruh tentang MTA yang
diadu. dan ini pun sebenarnya tidak sulit :-)

yang susah adalah bagaimana membandingkan MTA dalam
real life setting. pertanyaan terakhir ini sering dipakai
pendukung fanatik MTA tertentu untuk berkelit hi..hi..

-speed

Versi Terakhir : MD 7.0.0, LD 2.1.0, WA 2.0.7, MDAV 2.2.3, MDGW 1.0.5

Kirim email ke