cara kerjanya sederhananya: jika AV1 menyatakan virus maka meskipun false
alarm tetap dianggap virus (paranoid?)
jika AV1 bilang bukan virus mk tetap diperiksa oleh AV2 juga. sederhana
khan? bahkan beberapa mail server sudah implementasinya cara ini.
implementasinya ada 2 macam: secara langsung (1 Server Email) atau tidak
langsung (relay ke Server Email Kedua).

jadi AV1 dan AV2 harus sering2 update. dalam hal ini kita mengandalkan
kemampuan Scanner anti virus bukan Fix Email. Jadi sperti yg Pak Syafril
bilang bahwa attachment tsb langsung dikarantina.

saya lihat ada essai di Internet tentang "multitier virus protection", ya
mirip2 begitulah. jadi nantinya akan muncul AV yg bisa bekerja sama,
misalnya NAV dan McAfee. Tentu salah satu harus menjadi lapisan Satu dan
lainnya lapisan Dua.

Versi Terakhir : MD 7.0.0, LD 2.1.0, WA 2.0.7, MDAV 2.2.3, MDGW 1.0.5

Kirim email ke