On Wed, 24 Mar 2004 09:26:23 +0700
Iwan Irawan Jaya Putra wrote:

> Bagaimana caranya agar kita mencopy atau membackup folder Mdaemon ke
> Tape Dat tidak ada file yang di skip (akibat sedang digunakan) ? karena
> selama ini saya selalu gagal dalam proses mencopy atau membackup folder
> Mdaemon tsb ke tape dat maupun ke harddisk. Kalau di offkan Mdaemonnya
> pada saat di backup saya takut akan mengganggu aktifitas email.

Membackup aplikasi memang harus mensetop dulu aplikasinya, jika tidak maka
file-2x yg sedang "di open" oleh aplikasi tidak bisa di backup (sharing
violation).
Sebenarnya MDaemon menyediakan fasilitas backup ini :

a. backup file yg diubah

Kalau Anda mengubah suatu setting melalui MDaemon GUI atau webadmin maka MDaemon
otomatis membuatkan backup file yg diubah yg diletakkan di \\mdaemon\backup

b. backup system

Anda bisa menset file-2x apa saja yg dibackup melalui menu Setup | Miscl.
Options | Disk, yg dibackup adalah directory \\mdaemon\app saja. Tinggal di set
ke folder mana backup file itu dilakukan.

Kalau melakukan backup ke media lain (menggunakan fasilitas backup s/w) maka
perlu di stop dulu mdaemon service, misalkan buatkan script midnight.bat yg
isinya :

net stop mdaemon
copy  /s c:\mdaemon d:\backup\mdaemon
net start mdaemon

lalu lakukan backup ke tape dari file d:\backup\mdaemon

midnight.bat dijalankan melalui task scheduler atau letakkan di \\mdaemon\app

MDaemon-L Moderators, menggunakan MDaemon 7.0.1R under W2K3

Versi Terakhir : MD 7.0.0, LD 2.1.0, WA 2.0.7, MDAV 2.2.3, MDGW 1.0.5

Kirim email ke