Hello Mardi,

> Keinginanku juga seperti itu pak, berada dalam 1 server. Tapi karena sesuatu
> hal yang saya sendiri tidak mengetahui makanya diminta dipisah servernya.

Wah ini kasus yang menarik.. Untuk sementara masih saya posting di
sini dulu, mengingat masih bahas MD banyak, ntar kalo berkembang OOT
banget, mohon rekan2 bisa reply ke milis MDOT yang memang
diperbolehkan untuk membahas hal2 OOT :-)

Saya pikir management pastilah concern banyak tentang biaya,
reliability, security, dan other factor.

Dilihat dari sisi biaya, jelas punya 2 MD bakalan lebih mahal. Secara
hardware, jelas harus punya 2 PC.. secara software, semestinya juga
lebih mahal (kalau pakai yang legal).

Dilihat dari reliability, apakah dengan menggunakan 2 MD ini sudah
didesain untuk meningkatkan reliability ?? Misalnya MD yang satu
menjadi MX backup untuk MD yang lain, dan sebaliknya ?? Ini pun rada
useless kalau misalnya 2 MD ini terhubung ke Internet dengan 1
backbone, dimana kalau backbone tersebut putus maka konsep MX backup
menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya.. Paling2 MX backup ini
hanya berfungsi klo pas 1 MD lagi problem (HW/SW), dan MD yang lain
nampung incoming mail untuk MD yang lagi bermasalah.

Dilihat dari security, apakah tujuannya 2 MD ini bakal dihandle oleh 2
orang IT yang berbeda, sehingga managing domain menjadi tugas
exclusive masing2 orang IT tersebut ?? Tapi ingat, bisa jadi masing2
MD punya security config yang berbeda, sehingga walaupun 1 MD aman,
sedangkan MD yang lain neglected, maka potensi lubang security tetap
akan muncul.

Or punya other factor yang kita belum tahu ?? Misalnya 2 MD ini secara
fisik terletak pada 2 kantor yang berbeda dan tidak terhubung secara
WAN pada awalnya ?? Alhasil waktu itu memang harus punya 2 MD. Namun
seiring pertumbuhan data link yang makin murah dan availability
meningkat, maka 2 kantor tadi akhirnya sekarang sudah terhubung WAN ??

Salam,
Hian

Versi Terakhir : MD 8.0.2, LD 2.1.0, WA 3.1.2, MDAV 2.2.8, MDOC 2.0.0

Kirim email ke