On Thursday 23 March 2006 07:37, Ade Yolando S wrote:
> Kami di IT diminta untuk memfilter outgoing dan incoming beberapa
> account. Maksudnya ketika akan ada out going dari account-account
> tertentu management local mau baca dulu demikian juga bila ada
> incoming untuk account-account tersebut. Apakah itu mungkin untuk
> dilakukan ?

Kalau hanya sekedar dpt copynya utk incoming/outgoing itu mudah, tp
kalau mau baca dulu baru di approve akan butuh horsepower yg tinggi
dari si Boss disamping Pak Boss harus menggunakan Email Client yg
memiliki fungsi redirect (MS Mail family tidak punya fasilitas ini,
artinya harus ganti email client).

> Kemudian bila salah satu account tersebut di forward apakah si
> empunya mail bisa tahu ?

Maksudnya menset autoforward account tertentu ke accountnya si
Boss ? Pasti ketahuan saat ybs akses melalui webmail (worldclient),
dan cara ini hanya akan memforward inbound mail sementara outbound
mail tidak.
Lebih efektf gunakan Content Filter, ybs tidak tahu dan bisa capture
inbound/outbound mail.

> Atasan saya juga ingin tahu (melakukan
> simulasi) bagaimana caranya  agar beliau bisa cek di sisi user
> bahwa email tersebut di forward atau tidak.

Kalau inbound/outboundnya tercopy ya bisa kelihatan, cuma kalau ybs
menset autoforward accountnya di MDaemon butuh sedikit pengetahuan
teknis utk bisa tahu, krn autoforwarding di MDaemon defaultnya
adalah redirect (jika dibandingkan dg fungsi di Email client)
kecuali di set khusus.

> Ada implikasi hukumnya tidak ? Karena mail account sebenarnya kan
> milik perusahaan jadi bila management butuh untuk lihat menurut
> kami maka mail tersebut boleh dibaca oleh management apakah
> pendapat tersebut benar ?

Tergantung hukum yg berlaku dan interpretasi hukum yg Anda pakai,
akan tetapi saya melihat bhw banyak sekali korporasi besar
melakukan. Di Eropa (Inggris, Scandinavia) ada UU (Act) ttg masalah
ini, saya lupa isi persisnya (tadi saya cari-2x di arsip tdk
ketemu, pernah ada rekan dari Eropa yg posting ttg hal ini di milis
MD-Beta) tp kira-2x archival itu jadi kewajiban korporasi mengingat
email sekarang ini bukan lagi sekedar fans tp urusan bisnis yg
serius.

MDaemon-L Moderators, menggunakan MDaemon 9.0 beta S under W2K3

Harap tidak cc: atau kirim ke private mail untuk masalah MDaemon,
hanya posting ke Milis yg akan saya response (jika diperlukan)

Versi Terakhir : MD 8.1.5, LD 2.1.0, WA 3.1.7, MDAV 2.2.9, MDOC 2.0.5

Kirim email ke