On Thursday 01 June 2006 09:13, Indra Kusuma wrote:
> Kemarin abis ikutan seminar dynamic resilience oleh IDC , ada
> salah satu vendor yang mempresentasikan chipertrust. Kayaknya sih
> oke udah termasuk antispam dan antivirus segala, Pertanyaanya
> ialah apakah kita tetap harus memasang chipertrust di depan
> mdaemon server kita ??

Tidak harus.

> apa nggak jadi overprotected dan tumpang  tindih dengan segala
> kemampuan mdaemon ?

Ini relatif sifatnya, utk sementara orang dianggap over protect
sementara yg lain suatu keharusan :-)

> atau ada yang punya  pengalaman lain dengan chipertrust atau
> device yang sejenis  digabung dengan mdaemon  .

Kalau Anda merasa default antispam di Mdaemon (spamassasin) masih
kurang dan ingin menambah fasilitas tsb tanpa perlu repot-2x
melakukan bayesian learning atau mengubah ruleset, maka pilih yg
bisa inline dg MDaemon, misalkan message sniffer yg tlh membuat
plugin khusus utk MDaemon

http://www.sortmonster.com/

Ada yg harus disamakan dulu terminologinya sbl berlanjut.
Spam itu berbeda dg virus, sekalipun sama mengganggunya akan tetapi
spam tidak merusak (kecuali phising), berbeda dg virus/worm/trojan
yg sifatnya merusak. Dg demikian perlakuannya juga mestinya
berbeda.

Umumnya orang yg menggunakan email utk bisnis beranggapan bahwa
lebih baik terima duplicate daripada tidak terima mail sama sekali,
lebih baik terima spam daripada tidak terima mail sama sekali,
bahkan bagi yg "tech geek" beranggapan lbh baik terima virus dpd
tdk terima mail samasekali (duh).

Untuk virus/worm/trojan yg sifatnya merusak sebaiknya tidak ada
kompromi, reject/hapus saja langsung (kecuali Anda memang ingin
koleksi, boleh saja di masukkan karantina). Phising spam yg juga
merusak saat ini cenderung dimasukkan kedalam kategori virus,
maksudnya anti virus engine yg baru-2x umumnya melakukan deteksi
ini (Mcafee, Symantec, Kaspersky bahkan clamav melakukannya).

Untuk spam tdk bisa perlakuannya spt virus, disamping tdk merusak
(hanya mengganggu) juga sifatnya subjective. Ada kalanya batas
antara spam dg non spam sangat tipis, dimana seseorang mengganggap
suatu mail sbg spam sementara yg lain dianggap non-spam atau netral
saja; khususnya jika deteksinya berdasar content (isi mail).
Dg demikian kita tdk boleh terlalu ketat dalam menset antispam, tp
juga jangan terlalu longgar. Referensi terbaik adalah spam
statistik Anda tentukan sendiri ambang spam accepted, jika
kenyataannya spam accepted lbh besar dari yg diinginkan, lakukan
ubahan dalam antispam setting.

MDaemon-L Moderators, menggunakan MDaemon 9.0.2 under W2K3

Harap tidak cc: atau kirim ke private mail untuk masalah MDaemon,
hanya posting ke Milis yg akan saya response (jika diperlukan)

Versi Terakhir : MD 9.0.2, LD 2.1.0, WA 3.2.2, MDAV 2.2.9, MDOC 2.1.1

Kirim email ke