On Thursday 01 June 2006 10:13, Mardi S sihaloho wrote:

/ moderator note

Mohon tidak posting dalam format HTML di milis ini.
Pastikan selalu menggunakan format plain-text

/ end note

> Belakangan ini hampir semua email yang ditarik oleh mdaemon
> dikategorikan spam oleh mdaemon saya, termasuk email yang
> datangnya dari dutaint.com. Apakah saya salah melakukan setting
> untuk spam filter tersebut?.

Kalau tdk sesuai harapan ya artinya salah :-)

> Settingan yang saya lakukan adalah :

[ ... ]

Prinsipnya sdh benar, dan adanya tag spamscore mengindikasikan bhw
antispam sdh jalan.

> Mohon bantuan dan informasinya untuk melakukan setting spam
> filter tersebut.

Kan sdh pernah ditanyakan dulu ?
Intinya adalah Spamassasin harus di training, masukkan
sebanyak-banyaknya contoh non-spam message dan spam message; makin
banyak makin baik.

> Dan bagaimana caranya agar email seperti dari
> dutaint.com tidak diberi tanda 'spam....'. Dibawah email dari
> dutaint.com yang dikategorikan spam oleh mail server saya.

Kalau yg ini (juga saya percaya hal yg sama terjadi utk mail dari
gmail.com, hotmail.com, aol.com, gmx.net dan banyak lagi) adalah
soal SPF dan/atau Sender-ID.
Kalau Anda pakai domainpop dan mengaktifkan SPF/Sender-ID
verification maka Anda harus whitelist SMTP server mailhoster Anda,
atau tdk usah mengaktifkan SPF/Sender-ID verification sama sekali.
SPF verification berkontribusi memberikan skor positip +15 (default)
jika failed

Kalau kebetulan mail hoster Anda melakukan header stripping (kasus
jarang), maka DK/DKIM verification jangan diaktifkan krn pasti akan
fail.

Listserver dutaint.com mengaktifkan baik SPF, Sender-ID, DK maupun
DKIM.

MDaemon-L Moderators, menggunakan MDaemon 9.0.2 under W2K3

Harap tidak cc: atau kirim ke private mail untuk masalah MDaemon,
hanya posting ke Milis yg akan saya response (jika diperlukan)

Versi Terakhir : MD 9.0.2, LD 2.1.0, WA 3.2.2, MDAV 2.2.9, MDOC 2.1.1

Kirim email ke