On Monday 08 January 2007 11:19, martin wrote:
> Salah satu dari sender email menggatakan bahwa dia (sender) tidak
> bisa mengirim email ke domain saya [EMAIL PROTECTED]
>
> Kalau saya membaca dari log yang dia kirim, menurut saya
> masalahnya ada pada "SPF" pada email server dia
> (jamsostek-gatsu.com)
> Dan tidak ada hubungannya dengan system email saya
>
> Benar apa tidak analisa saya?

Ya.
Domain jamsostek-gatsu.com punya SPF record
v=spf1 a:smtp.mailix.net -all

artinya jika mail dari domain jamsostek-gatsu.com sender hostnya
bukan smtp.mailix.net [216.148.213.132] artinya itu mail palsu dan
minta recipient server menolaknya.

> Apa sih fungsi/cara kerja dari SPF itu ( saya kurang paham SPF )
> ?

SPF (Sender Policy Framework) adalah mekanisme antifraud (anti
pemalsuan sender domain), digunakan untuk keperluan domain kita
tidak disalahgunakan oleh orang lain.

> Terus langkah apa yang saya harus ambil untuk masalah email ini
> ?

Minta sender untuk kalau kirim mail keluar relay melalui server
smtp.mailix.net, atau minta mail hosternya utk merubah SPF
recordnya shg bisa relay melalui server lain tidak terbatas hanya
lewat smtp.mailix.net.

Kalau IP address yg dia gunakan 202.158.81.171 adalah fixed public
IP, Anda minta ke mail hoster Anda utk white list ip address tsb
shg jika ada mail dari IP address tsb tdk melakukan SPF
verification.

MDaemon-L Moderators, MDaemon 9.5.4 under W2K3

Plain_text

Versi Terakhir : MD 9.5.4, LD 2.1.0, WA 3.3.1, MDSP 3.0.3, MDOC 2.1.3

Kirim email ke