pak Syafril, jawaban dibawahnya ya.

Kedua, hal ini keluar saat mengaktifkan maupun di matikan
ContentFilter, dan kenapa saya tidak bisa create atau modifikasi
rules di Content Filter (tidakk tersimpan) ?.

Coba dicheck attribute file-2x difolder \\mdaemon\app apakah tdk ada yg
read only atau file ownershipnya tdk benar.

sudah di cek semua attribut file tidak readonly maupun ownershipnya sesuai
login. Tapi tetap tidak bisa lakukan perubahan, jadi harus di edit lewat
text editor dan berfungsi, tapi khan repot kalau mau bikin rules baru.
Error popup message ttg CFEngine masih muncul, tapi tidak tentu waktunya,
apa karena bugs atau ada apa ya ?.

Ketiga, setelah saya coba install ke server lain dan kemungkinan salah
prosedur pindah, saya copy file selain "application & application
extension" dari folder  Apps ke server lain setelah install dan
activate MD baru tersebut. Nah sekarang server tersebut menjadi
"belum" dan tidak bisa diactivate dan tinggal 26 hari lagi. Bagaimana
mengatasinya padahal licence sudah masuk bisa ?.

Tdk cukup, stl memasukkan license mestinya lakukan aktivasi.

Justru sebaliknya pada saat install MD di server lain, setelah selesai
terlanjur aktivasi karena otomatis muncul dialog tersebut, semestiny akhan
saya ignore dulu ya baru setelah copy/replace file2 dari MD lama, barulah di
aktivasi. Nah sekarang bagaimana agar bisa aktivasi lagi. Sepertinya perlu
suatu perubahan pada file "mdaemon.ini" karena di situ terdapat perameter
previous activation key atau sejenisnya.

Bbr client yg punya problem dg cfengine tdk stabil atau whitelist_from
tdk jalan solved stl upgrade Outbreak Protection 1.1.5
Coba upgrade lagi ke MDSP 3.0.4 lalu upgrade OP ke 1.1.5

Ok saya akan coba upgrade lagi ke MDSP304 dan upgrade OP ke 115, semoga ini
juga menghilangkan error pop message diatas.

Lalu pertanyaan baru nih pak, kalau server saya tidak ada antivirus OS
lantas siapa yg proteksi OS komputernya ?
Sejujurnya tidak semua komputer client saya auto update AV dengan sempurna,
jadi kalau yg hrs update manual dan telat update ada kemungkinan
berpotensial nyerang dong ? Btw, kalau saya pasang antivirus network (box
device) apakah akan "berantem" dengan MDSP dan apakah masih perlu AV di sisi
client ?

Terima kasih pencerahannya.
.
Henry Kuswanto
PT Dentsu Indonesia
email : [EMAIL PROTECTED]
tel: 021-2505020 / 25 ext 380

Versi Terakhir : MD 9.5.5, LD 2.1.0, WA 3.3.3, MDSP 3.0.4, MDOC 2.1.3

Kirim email ke