On Wednesday 28 February 2007 11:35, Mardi Sihaloho wrote:
> Kalau transaksi gagal seperti itu apakah mail client akan
> berusaha untuk mengirim kembali?.

Tergantung email clientnya, yg umum sih transaksi gagal akan queue
di outbox.

> Masalahnya email tersebut sudah
> tercatat di folder sent items mail client tersebut yang berarti
> email dari client berhasil di kirim ke mail server saya kan pak?.

Tidak, krn di MDaemon tercatat itu sbg transaksi gagal.
Kemungkinan besar di client terinstall Socket Layer AntiVirus yg
umumnya akan membuat semacam proxy.
Dalam kasus ini email client telah berhasil kirim ke antivirus akan
tetapi antivirus gagal meneruskannya ke mdaemon.
Anda bisa check di lognya Antivirus client kalau ingin memastikan.

Saran saya, non aktifkan realtime scanning for email di AV desktop
client, percayakan saja soal scan virus for mail ke MDAV.

MDaemon-L Moderators, MDaemon 9.5.6 Beta RC1 under WinXP

Versi Terakhir : MD 9.5.6, LD 2.1.0, WA 3.3.4, MDSP 3.0.4, MDOC 2.1.3

Kirim email ke