> Kalau tidak salah ingat problem Anda ada di DNS (dampak dari semua
> MDaemon resolve ke DNS server ISP bukan ke intranet DNS) sehingga server
> pabrik ke kantor pusat maupun sebaliknya saat kirim ditujukan ke public
> IP masing-2x server, artinya koneksi lewat firewall.

Mail Server pusat memang di belakang firewall ( bukannya nggak niat terima
email lho he..he.., sejarahnya kita sebelumnya pakai non-MDaemon yang
fasilitasnya kurang bagus ), tapi yang di pabrik tdk ada firewall. Kondisi
ini yang memungkinkan hipotesa Pak Syafril betul. Saya akan rubah
konfigurasi-nya.

> Khusus utk intranet, Anda bisa manfaatkan mxcache dan hosts file (tdk
> cukup dg mxcache) agar MDaemon di pabrik atau kantor pusat bypass DNS
> server, agar keduanya saling kirim melalui private IP.

Baik pak, terima kasih.

> BTW. Kalau menulis reply jangan dibawah signature delimited (-- ), krn
> text tsb akan grey out saat tampil di mailer yg support signature
> delimited dan saat reply quote text tsb otomatis di stripe out.

Maaf Pak, terima kasih telah diingatkan.

Rgds,
Hery Setiawan.

Mohon tidak posting dengan format HTML atau Rich Text,
pastikan selalu menggunakan Format Plain-text.