Dear Syafril,

> Bagaimana Anda akan mengatur pergantian servernya agar bisa automatic
> fail over ? Kan IP address kedua server berbeda.

Saya membuat Network Load Balancing dengan satu IP yang sama di kedua server
tersebut.

Jadi apabila main server down, maka semua tugas main server akan langsung
dilakukan oleh Backup server.

> Kalau Anda siapkan CPU cadangan yg standby mk MDaemon MTBF kurang dari
> 1/2 jam rasanya berlebihan melakukan dual server spt yg Anda lakukan,
> toh mail bukan critical task yg tdk boleh down sedetikpun.

Justru saya disini dituntut oleh management sebisa mungkin menjaga agar mail
server tidak boleh down bagaimana pun caranya, kecuali ada ganguan koneksi
internet, itu sudah diluar tanggung jawab saya.

Maklum pak, disini kerjanya sangat tergantung dari penerimaan dokumen yang
dikirimkan client melalui mail.

Terima kasih banyak atas semua pejelasannya.

--
Best regards,
Ganda

Mohon tidak posting dengan format HTML atau Rich Text,
pastikan selalu menggunakan Format Plain-text.