Pilihan lain pakai W2K3/W2K8 Web Edition.

Tapi menurut saya, claim Microsoft itu mengada-ada. Bukankah CAL itu
diperlukan hanya jika user melakukan authenticate ke Windows ?

Dari link ini: http://www.microsoft.com/windowsserver2008/en/us/licensing-web-server.aspx
---------------------------------------
Windows Web Server 2008 Licensing Model

Licensing terms for Web Server also further clarifies that the server software may only be used for front-end Web serving Internet-accessible Web pages, Web sites, Web applications, Web services, and POP3 mail serving.
---------------------------------------
Jadi karena cuma POP3 disebutkan di sana, maka kemungkinan jika pake IMAP dan SMTP (mungkin juga Groupware nya MD) HARUS beli CAL!

Kalau hanya komunikasi berbasis IP seperti MDaemon, Lotus Notes, itu
hanya dibutuhkan lisensi MDaemon/Lotus dan Lisensi Windows Server-nya
saja.

Kalau semua session ke windows 2003 harus beli CAL, bagaimana user-user
anonymous yang melakukan surfing ke website di IIS-nya ? bagaimana juga
jika ada user-user yang melakukan ping ke Windows 2003 ? apakah semua
dibebani CAL...ya nggak masuk akal menurut saya.

Yang penting kita nggak mengaktifkan AD dan meregister user di Windws,
maka ya nggak dibutuhkan CAL sejumlah user MDaemon.

Atau juga saya install Aplikasi berbasis data MySQL di server Windows,
apakah user yang akses ke MySQL dengan PHP juga dibebani CAL windows ? ya
edan itu namanya...

Ya memang harus pake CAL, karena itu biasanya diakali dengan membuat 1 user saja yang mengakses ke MySQL, kemudian di MySQL kita buat tabel yang berisi semua username dan password dan kita buat tabel ACL (access control list) sendiri.
Mohon tidak posting dengan format HTML atau Rich Text, pastikan selalu menggunakan Format Plain-text.