On 31/07/09 14:47 +07:00 Andy Sujoto wrote:

> Kalau dibawah versi 10 bisa tetap mulus jalannya?

Seingat saya baru di 10.0.5 keatas yg bisa begitu.
Kalau masih pakai MDaemon lama maka Anda perlu mengaktifkan CF rule krn
auto bcc: hanya akan membuat message masuk ke Inbox folder tidak
langsung ke Sent Folder.

> Apakah berarti messagenya tidak dihapus dari server setelah retrieving ?

IMAP mail retrieval by default memang tidak akan menghapus message di
server, penghapusan message hanya terjadi jika dilakukan secara sadar
oleh client (atau mengaktifkan IMAP filter di client) barulah imap
client akan issue delete di next IMAP connection.

Dalam hal client pakai blackberry jika ybs menghapus message di device
defaultnya juga tidak akan menghapus message di MDaemon server, kecuali
memang sengaja di set (dari advance menu) utk delete juga message di
MDaemon.

Message yg diretrieve oleh BIS server akan dicache (tetap tersimpan di
BIS server) selama sedikitnya 15 hari sehingga saat mail di folder
MDaemon didelete sekalipun (melalui email client) maka message akan
tetap muncul di wireless device (istilah RIM utk Blackberry handheld),
jadi sebenarnya aman saja kalau email client pakai POP3 protocol asal di
set leave message on server sedikitnya 1 hari.

Message di BIS server hanya akan di purge (dihapus) jika :
1. Telah lewat waktu expired time (saya lupa defaultnya berapa lama,
IIRC 2 months).
2. Pemilik account melakukan action "delete prior" dari BB device, dalam
hal ini semua message sebelum dilakukan action itu akan di purge dari
BIS server.
3. Pemilik account melakukan action "reconcile now", dalam hal ini
message di BIS server akan synchronize dg message di MDaemon, jika
terjadi conflict maka message di MDaemon yg jadi referensi.
4. Account dihapus dan dicreate ulang di BIS server.

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 10.1.1

Versi terakhir MD 10.1.0, SP 4.0.2, OC 2.2.2, SG 1.1.4, PP 1.1.0

Kirim email ke